Beranda SUBANG Program GISA Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Program GISA Tingkatkan Partisipasi Pemilih

70
0
YOGI MIFTAHUL FAHMI/PASUNDAN EKSPRES MENINJAU: Ketua Panwaslu Kabupaten Subang Raskim saat meninjau proses perekaman e-KTP, usai lounching program GISA di GOR Kecamatan Binong, Senin (14/5).

BINONG- Launching Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Penduduk (GISA) diapresiasi Ketua Panwaslu Kabupaten Subang Raskim. Hal tersebut dikatakannya saat ikut menghadiri lounching di Kecamatan Binong, Senin (14/5).

Menurut Raskim, dengan adanya program GISA tersebut akan mendorong masyarakat calon pemilih, untuk mendaftarkan Adminduk nya. Oleh karena itu masyarakat dihimbau untuk proaktif dan memperhatikan administrasi kependudukan khususnya e-KTP yang saat ini dalam aturan masih mewajibkan adanya e-KTP, pada hari pencoblosan Pilkada Serentak 27 Juni nanti.

“Supaya pada waktunya nanti mereka bisa gunakan hak pilih. Dan syaratnya terpenuhi,” ungkapnya.

Sebab, disadari atau tidak, hal itu akan berakibat pada partisipasi aktif masyarakat dalam penyelenggaraan Pilkada serentak yang akan datang. Dimana partisipasi pemilih yang sudah ditargetkan, perlu didorong untuk melakukan penertiban administrasi.

“Kita dorong supaya masyarakat sadar, bahwa dokumen adminitrasi kependudukan itu sangat penting, bukan hanya untuk syarat Pilkada saja,” jelasnya.

Sementara itu, Plt Bupati Subang Ating Rusnatim mengungkapkan dengan adanya Program GISA ini dapat menopang kesuksesan penyelenggaraan Pilkasa Serentak. “Jangan sampai tidak bisa menyalurkan hak pilih akibat administrasi kependudukannya yang tidak tertib. Pokoknya hak pilih wajib punya e-KTP,” imbuhnya.

Ia juga berharap, pada seluruh camat dan kepala desa untuk memberikan informasi mengenai adanya program GISA dan terus mendorong masyarakat untuk berbondong-bondong melakukan perekaman e-KTP. “Manfaatkanlah program GISA ini dengan sebaik-baiknya, agar Adminduk nya tertib,” kata Ating.

Salah satu warga di Kecamatan Binong yang sedang melakukan perekaman Maman S, menyambut baik adanya kegiatan ini. Sebab, dengan terpusat di Kecamatan serta dukungan petugas dan alat yang memadai, masyarakat banyak yang menyempatkan hadir untuk melakuan perekaman. “Bagus ya ini, lihat aja, tidak hanya orang dewasa, anak sekolah yang cukup umur pun menyempatkan hadir, karena serentak, bagus ini,” jelasnya. (ygi/dan)