Beranda HEADLINE PPNI Buka Pos Kesehatan Gratis bagi Pemudik

PPNI Buka Pos Kesehatan Gratis bagi Pemudik

53
0

BANDUNG BARAT – Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) membuka pos kesehatan mandiri selama 13 hari dari tanggal 10 sampai 23 Juni 2018 di halaman mesjid Raya Rajamandala. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat Dodo Suhendar.

Dr. H. Dodo Suhendar, MM Kepala Dinas kesehatan provinsi jawa barat mengatakan, lokasi masjid Rajamandala ini sangat strategis untuk kegiatan sosial, dari PPNI bisa memberikan bantuan sosial kepada para pemudik, dalam hal ini pemerintah provinsi merasa terbantukan dengan aktif sosial yang di lakukan oleh PPNI ini.

“Kami sangat terbantu dengan PPNI ini dan dengan tempat yang sangat strategis ini semoga bisa membantu para pemudik yang merasa kelelahan dalam perjalanan selain itu juga dapat Membantu bagi masyarakat sekitar yang membutuhkan pengecekan kesehatan secara gratis” Papar Dodo.

Saat ditanya seputar anggaran sosial ini Dodo menegaskan Bahwa kegiatan ini dirinya tidak memberikan bantuan anggaran kepada PPNI dan ini murni sebagai prestasi sosial yang dilakukan oleh PPNI.

“Dalam hal ini kami tidak memberikan anggaran pada kegiatan ini, namun antusias PPNI untuk membantu warga yg melalui jalur jalan ini sangat antusias dilakukan dengan sukarela dan ini luar biasa” katanya.

H. Wawan Hernawan, S. Kp. Ketua DPW PPNI Prov Jawa Barat mengatakan, terdapat 3 titik lokasi yang akan diselenggarakan termasuk di Rajamandala. Dan diambilnya titik Rajamandala ini karena bertepatan dengan perbatasan antara Cianjur dan Bandung Barat.

“Tidak hanya titik Rajamandala saja termasuk dibeberpa titik yang lainya juga ada, selain kegiatan ini juga kami akan melakukan bhakti sosial lainya, dan ini sebagai bukti Kesungguhan kami dalam bidang sosial di masyarakat”

Sementara itu Dr.Masri Ers Mardjuki,S.H.,M.Si sekretaris DPW PPNI Prov Jawa Barat yang juga PLT Ketua DPD PPNI Kabupaten Bandung Barat mengemukakan, bahwa PPNI adalah satu satunya organisasi kemasyarakat yg mewadahi perawat di seluruh Indonesia dengan jumlah anggota hampir sejuta orang dan di Jawa Barat sendiri lebih dari 58 ribu perawat bergabung di PPNI.

PPNI merupakan organisasi Profesi Keperawatan hanya satu-satunya di Indonesia. Dan ketika ditanya tujuan diadakannya pos kesehatan mudik, Masri menjelaskan bahwa salah satu tujuan dibentuknya organisasi PPNI adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya dalam bidang kesehatan, dan pada kesempatan ini bagi para pemudik, dan juga warga sekitar pos kesehatan.

“Pos kesehatan mudik PPNI selain menyediakan peneriksaan kesehatan, pemberian obat dan cek laboratorium, juga menyediakan minuman ringan dan kopi, tempat istirahat, juga arena bermain bagi anak anak. Penyelenggaraan pos kesehatan juga didukung oleh dinas kesehatan KBB, Puskesmas Rajamandala, Puskesmas Cipatat dan Muspika Cipatat” jelas Masri.

Salah satu Tokoh masyarakat yang juga sebagai penanggung jawab Masjid itu H. Ayi Hanafiah mengatakan, dirinya berterimakasih kepada Komunitas PPNI Ini yang bersedia meluangkan waktunya selama 13 hari untuk aksi sosial dengan cek perawatan gratis kepada warga dan para pemudik yang melintas di jalan Raya Rajamandala ini.

Posko kesehatan mudik lebaran yang diadakan oleh PPNI tahun ini, sebagai tanggap mudik untuk keselamatan, dan PPNI menyediakan beberapa fasilitas diantaranya, Cek kesehatan, Coffee break, Relaxing Room, Play Kids zone. (eko/tra)