Beranda PURWAKARTA Polsek Bojong libatkan Pramuka Amankan Jalur Mudik

Polsek Bojong libatkan Pramuka Amankan Jalur Mudik

85
0
DAYAT ISKANDAR/PASUNDAN EKSPRES Anggota Pramuka Saka Bhayangkara saat berada di Posko jalur mudik di wilayah Polsek Bojong.

PURWAKARTA- Jajaran Kepolisian Sektor Bojong menerjunkan puluhan anggota Pramuka untuk membantu mengamankan jalur mudik dan wisata,yang ada di wilayah tugas Polsek Bojong.

Kapolsek Bojong Iptu Teguh Sujito SH,saat dikonfirmasi terkait hal itu,menyebutkan dilibatkanya anggota Pramuka dari sejumlah sekolah SMA dan SMK di Wilayahnya dimaksudkan sebagai langkah edukasi pihak kepolisian kepada kalangan muda,khususnya anggota Pramuka.

“Ini sebagai upaya edukasi pihak kepolisian kepada kaum muda,khususnya anggota pramuka. Agar ikut terlibat dan merasa tanggung jawab ,disiplin serta memupuk rasa kebersamaan. Hal ini juga sebagai bagian terciptanya keamanan dan kenyamanan wilayah,Bojong,”terang Kapolsek Iptu Teguh.

Dalam Pam jalur mudik itu, ada tiga titik Posko di wilayah Polsek Bojong yang disiagakan,terdiri dari Posko Desa Cikeris, Posko Pilar Desa Sukamanah dan Posko Cagak pertigaan Desa Sawit.Dua diantara ketiga Posko itu berperan ganda,selain mengamankan arus mudik,juga mengamankan tempat wisata pemandian (kolam renang) yang banyak dikunjungi saat liburan lebaran.

“Di Posko-posko itulah selain anggota Polisi,Dishub,juga banyak dilibatkan anggota Pramuka,” kata Iptu. Teguh.

Ikhwal anggota Pramuka yang disertakan,berasal dari Satuan Karya (Saka) Bhakti Bhayangkara,yang sudah terlatih dalam mengatur arus lalulintas di jalan.

Pantauan Pasundan Ekspres, di sejumlah Posko di wilayah Polsek Bojong keberadaan anggota Pramuka dapat dengan mudah ditemui, mereka terlihat siaga di Posko tempat mereka ditugaskan.

Para pemudik dihimbau selalu waspada saat melintas di sejumlah ruas jalan yang ada di Kabupaten Purwakarta. Pasalnya meski jalan terlihat mulus, pemudik jangan terpancing memacu kendaraanya dengan kecepatan tinggi. Sebab jalan-jalan desa di wilayah Purwakarta dekat dengan pemukiman warga dan banyak gang keluar masuk kendaraan, sehingga bisa memicu lakalantas.

Beberapa jalur yang dinilai sangat rawan kecelakaan yaitu di ruas jalan antara Kelurahan Tegal Munjul- Pasawahan. Diruas ini terutama saat memasuki Kp. Cikeuyeup Desa Warungkadu dan Kp. Mengkol Desa Pasawahan Kecamatan Pasawahan. Dimana pada jalur lalulintas itu melintasi pemukiman padat dan banyak jalan/gang keluar masuk kendaraan.

Jalur Tegal Munjul- Pasawahan banyak digunakan pemudik karena selain mulus jalur ini merupakan solusi mengindari kemacetan di perempatan Pasar Rebo Purwakarta. Tak hanya itu,jalur ini juga belum dilengkapi penerangan jalan umum (PJU) dimalam hari.

Meski demikian pantauan Pasundan Ekspres situasi Kamtibmas tetap terjaga dan kondusif. Dimana ronda malam digiatkan yang dikoordinasikan pihak kepolisian terdekat serta Posko Mudik yang disiagakan di sejumlah titik.(dyt/dan)).