Beranda OPINI Politik Rahmatan Lil ‘Alamin Santri

Politik Rahmatan Lil ‘Alamin Santri

162
0
Ketua HIPSI Subang, Nurdin Hidayat

Oleh: Nurdin Hidayat, SH.I, MSi

Indonesia sebagai negara demokrasi telah mengalami pasang surut dalam tatanan dinamika politiknya. Partai politik yang seharusnya menjadi wadah menampung aspirasi masyarakat dan sebagai pemandu kepentingan masyarakat dalam negara demokrasi sudah beralih pemahaman maupun pandangan.

Gejala politik di Indonesia yang berorientasi hanya pada kekuasaan, kotor secara moral dan culas secara sosial membuat negara ini dalam tatanan dinamika politiknya perlu direstorasi. Menjadi penting bagi kaum santri untuk menunda kepentingan pribadinya demi kepentingan seluruh bangsa Indonesia atau menjadikan kepentingan tersebut menjadi bagian integral kepentingan ilahiah.

Aksi dan agenda politik kaum santri harus bisa dibedakan dari kebersihan moralnya dan kepeduliannya kepada kepentingan rakyat banyak. Bukan sekadar bagi kepentingan politik golongannya sendiri, lebih-lebih bukan hanya untuk mencari keuntungan ekonomi. Seluruhnya terpulang kepada para aktivis politik santri untuk bersedia melakukan praktik politik yang bukan sekedar meraih kekuasaan dan bukan sekedar menjadikan kekuasan hanya untuk memenuhi selera materialnya saja.

Memotret dinamika di Kabupaten Subang, nampaknya kaum santri harus bisa mengambil peran strategis yang bisa menularkan pola fikir dan budaya santri yang kental dengan etika dalam berbagai aspek. Meski diakulturasikan dengan budaya perpolitikan di Subang yang kalau dilihat dari output saat ini masih belum diakatan exelent for goverment.

Peran santri diharapkan bisa menjadi pioner dan pendobrak sebuah gerakan ikhlas. Membangun dengan landasan nilai-nilai universal dari nash dan sunnah yang menjungjung tinggi nilai nilai humanisme dalam pembangunan karakter dan pembangunan daerah. Agar Subang memiliki konsep yang nyata dan jelas identitasnya di kancah pembangunan nasional.

Himpunan Pengusaha Santri Indonesia (Hipsi) lahir di Subang, bisa menjadi sebuah gerakan kebangkitan ekonomi masyarakat kaum sarungan. Bisa mempelopori gerakan pemerataan pembangunan karakter dan membangun masyarakat yang kuat diawali dari karakter yang benar. Kemudian jiwa yang ikhlas sehingga akan melahirkan masyarakat yang sadar akan Hukum dan sadar akan kemandirian ekonomi.

HIPSI bisa menjadi mitra pemerintah ataupun lembaga keuangan demi tercapainya tujuan mulia yang diamanatkan UUD 1945 dan Pancasila yakni Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Adil ekonominya, adil pendapatannya serta adil dalam pengelolaan potensi daerah guna mempersiapkan daya saing dalam rangka menyambut pembanguan program nasional di Kabupaten Subang. Jika tidak dipersiapkan kesadaran masyrakat dalam pemahaman kemandirian ekonomi dan politik beretika maka siap-siaplah pemimpin dan masyarakatnya hanya akan menjadi tamu di rumahnya sendiri.(*)

Penulis, Ketua Hipsi Kabupaten Subang