Beranda PURWAKARTA PLN Purwakarta Resmikan SPLU dan Launching PLN Mobile

PLN Purwakarta Resmikan SPLU dan Launching PLN Mobile

165
0

Di Area Taman Sri Baduga dan Kampung Kuliner Ceplak

PURWAKARTA-PT PLN (Persero) Area Purwakarta yang meliputi Rayon Purwakarta Kota, Plered, Subang, Pagaden, dan Pamanukan, meresmikan Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) Beji Lintar di Area Taman Air Mancur Sri Baduga, Situ Buleud, Purwakarta dan di Area Car Free Night Kampung Kuliner, Ceplak, Purwakarta.

Peresmian SPLU ini sebagai salah satu bentuk layanan PLN kepada masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sumber listrik di tempat umum yang merupakan pusat keramaian.

“SPLU Beji Lintar adalah terobosan dan solusi dari PLN untuk memfasilitasi para pedagang dan masyarakat pada umumnya,” ujar Manager PLN Area Purwakarta Majuddin kepada koran ini di sela acara peresmian SPLU, Minggu (10/9).

Dijelaskannya, SPLU Beji Lintar mengadopsi sistem prabayar atau token. “Untuk dapat menggunakan SPLU Beji Lintar, masyarakat perlu mengisi kWh meter dengan membeli token listrik melalui Payment Point Online Bank (PPOB), ATM, minimarket, dan lain-lain dengan menyebutkan ID Pelanggan yang tercantum di SPLU yang akan digunakan,” kata Majuddin.

Keberadaan SPLU ini, sambungnya, dijamin akan membantu masyarakat, terutama para pedagang. “Sebelum SPLU ini didirikan, para pedagang menggunakan sumber listrik dari rumah warga, genset, bahkan ada beberapa yang menggunakan listrik secara ilegal dengan mencantol ke tiang listrik secara langsung,” ujarnya.

Padahal, kata Majuddin, tindakan ilegal tersebut dapat merugikan negara dan juga dapat membahayakan para pedagang dan masyarakat sekitar. “Pasalnya, instalasi dan alat yang digunakan tidak sesuai standar,” kata Majuddin.

Diungkapkannya, sebagai langkah awal PLN Area Purwakarta baru memasang SPLU Beji Lintar di dua titik. “Ke depan akan ada tambahan di beberapa titik pusat keramaian. Rencananya akan ada 3 titik lagi hingga akhir 2017 ini,” ujarnya.

Yang menarik, SPLU juga akan menjadi cikal bakal pengisian mobil listrik dengan sistem pembayaran e-money. “SPLU ini merupakan program inovasi dan masih akan terus berkembang dalam memenuhi kebutuhan masyarakat ke depannya,” kata dia.

Bersamaan dengan peresmian SPLU, PLN Purwakarta juga melaunching PLN Mobile yang memberikan kemudahan akses layanan listrik. “Aplikasinya bisa diunduh melalui Play Store dan bagi 100.000 pelanggan pertama akan mendapatkan token sebesar Rp20 ribu. Dan khusus bagi pelanggan yang mengunduh saat acara berlangsung akan mendapatkan merchandise cantik dari PLN,” ujarnya.

Melalui layanan PLN Mobile, para pelanggan dapat mengetahui berbagai informasi kelistrikan. Di antaranya cek tagihan dan riwayat token, permohonan Pasang Baru atau Perubahan Daya atau Penyambungan Sementara.

“Pelanggam juga dapat mengetahui informasi tarif listrik terkini, cek status pengaduan dan permohonan, berita terkini PLN, info pemeliharaan listrik, dan telepon CC PLN 123 gratis (VoIP),” ucapnya.

Peresmian SPLU dan Launching PLN Mobile berlangsung meriah. Karyawan PLN berperan sebagai Agent PLN Mobile menyapa langsung masyarakat yang tengah berolahraga dan menginformasikan keberadaan SPLU dan layanan PLN Mobile.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan Kabupaten Purwakarta H Agus Hasan Saepudin S.Sos M.Si, Asman Pelayanan dan Administrasi PLN Area Purwakarta Dhian Wisnu Wardana, Kepala PLN Rayon Purwakarta Agus Thamrin Hidayat, dan Kepala PLN Rayon Plered Ahmad Hudaeni. (adv/add)