Beranda PURWAKARTA PKS Gelar Lomba Kitab Kuning

PKS Gelar Lomba Kitab Kuning

57
0
ADAM SUMARTO/PASUNDAN EKSPRES KHAZANAH KEISLAMAN: DPD PKS Purwakarta menggelar lomba Kitab Kuning tingkat Kabupaten yang diikuti peserta dari berbagai pondok pesantren.

PURWAKARTA-Puluhan peserta yang berasal dari berbagai pesantren yang ada di Kabupaten Purwakarta antusias mengikuti lomba Kitab Kuning Tingkat Kabupaten Purwakarta yang digelar DPD PKS Purwakarta, belum lama ini.

Ketua DPD PKS Purwakarta Ustad Hasan Sobari Lc menyebutkan, Kitab Kuning menjadi bagian tak terpisahkan dari peradaban Islam di Indonesia. “Lomba Kitab Kuning ini digelar bertujuan untuk melestarikan khazanah keislaman, mempelajari kitab-kitab ulama terdahulu yang masih original, dan meningkatkan literasi Islam,” ujarnya, belum lama ini.

Di samping itu, sambungnya, melalui lomba tersebut pihaknya juga ingin menegaskan jika PKS dekat dengan pondok pesantren. “Kitab Kuning juga identik dengan pondok pesantren menjadi sarana untuk belajar khazanah adab dan fikih,” kata Hasan.

Lebih lanjut dirinya menyebutkan, di tengah situasi hiruk pikuk politik yang semakin jauh dari adab Islam, perlu kiranya para pemuda mempelajari dan memperdalam Kitab Kuning yang sudah disusun para ulama.

“Indonesia masih membutuhkan banyak anak muda yang menguasai adab dan fikih seperti yang dibahas dalam Kitab Kuning. Kaum muda inilah yang akan memimpin dan membimbing masyarakat di masa mendatang,” ujarnya.

 

Ada pun kriteria juara yaitu membaca teks, terjemah kalimat, dan pelajaran yang bisa diambil. Keluar sebagai Juara 1 diraih oleh Abdul Jalal dari Ponpes Hijratul Huda, Gunung Karung, Kecamatan Maniis.(add/epl)