Beranda BANDUNG PKB Buka Pendaftaran Balon Bupati, Selama Tujuh Hari dan Terbuka Untuk Umum

PKB Buka Pendaftaran Balon Bupati, Selama Tujuh Hari dan Terbuka Untuk Umum

128
0
ASEP IMAM MUTAQIN/PASUNDAN EKSPRES PENDAFTARAN: Sekretaris DPC PKB KBB, Dede Lili Sudarsono (kedua dari kanan), Rois PC NU KBB, KH A Maulana (kedua dari kiri), Wakil Sekretaris Tanfidz DPC PKB, Odih Sodikin (kanan), dan Wakil Ketua DPC PKB KBB, As Arifin (kiri) saat jumpa pers di Kantor DPC PKB KBB, Senin (28/8).

PADALARANG – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kabangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Bandung Barat (KBB) membuka pendaftaran bakal calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati KBB. Pendaftaran dibuka mulai dari tanggal 29 Agustus hingga 4 September 2017, bertempat di Kantor DPC PKB KBB di Jalan Cihaliwung Padalarang.

Pembukaan penjaringan balon Bupati dan Wakil Bupati itu ditandai dengan diadakanya acara jumpa pers di Kantor DPC PKB KBB, Senin (28/8). Nampak dalam acara itu dihadiri oleh Rois Syuriah Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) KBB KH Aa Maulana, Wakil Sekretaris Tanfidz DPC PKB Odih Sodikin, dan Wakil Ketua DPC PKB KBB As Arifin.

Sekretaris DPC PKB KBB, Dede Lili Sudarsono mengatakan penjaringan balon Bupati dan Wakil Bupati ini terbuka untuk umum. Artinya, pendaftaran ini bukan hanya untuk kader internal, namun untuk masyarakat umum yang berminat maju dari PKB dipilkada.

“Silakan pendaftaran bisa langsung ke Sekretariatan DPC PKB KBB Jalan Cihaliwung,” kata Dede.

Para balon Bupati dan Wakil Bupati itu, lanjut dia, nantinya akan diperkenalkan dalam Musyawarah Kebangkitan (muskit) PKB yang akan diselenggarakn dalam waktu dekat. Dalam Muskit itu, para balon akan diperkenalkan kepada para pengurus PKB mulai dari pengurus Pusat hingga pengurus Kecamatan.

“Mereka (balon-red) akan ta’aruf dengan pengurus DPP, DPW PKB Jawa Barat, dewan Fraksi PKB KBB, serta pengurus DPC, dan dewan pimpinan anak cabang di tiap kecamatan,” ujarnya.

Bahkan, badan otonom (banom) PKB seperti garda bangsa, perempuan bangsa, barak bangsa, dan gema saba akan dilibatkan dalam Muskit tersebut. Nantinya, banom itu menjadi peserta peninjau saat dilakukan uji publik para balon.

“Posisinya sebagai peninjau di muskit untuk uji publik para calon bupati/wakil bupati KBB yang maju di pilkada serentak 2018,” sebutnya.

Dede menambahkan dalam muskit itu pun, para calon diminta untuk memaparkan visi dan misinya tentang pembangun di Kabupaten Bandung Barat.

Adapun syarat normatif bagi para balon untuk bisa daftar ke PKB adalah pendidikan. Sedangkan elektabilitas dan populeritas serta pengamalaman di pemerintah dan organisasi, menjadi syarat yang mesti dipenuhi para calon yang maju dari PKB.

“Nah, untuk persyaratan normatif seperti pendidikan, tapi calon PKB syaratnya harus beragama islam sehat jasmani dan rohani juga tidak terlibat korupsi dan pelanggaran pidana lainnya, dan harus memiliki kartu anggota PKB dan Nahdatul Ulama,” pungkasnya.

Sebelumnya juga, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN KBB sudah mulai membuka pendaftaran balon Bupati/Wakil Bupati KBB secara terbuka. Pendaftaran dibuka dari mulai 25 Agustus hingga 30 Agustus 2017. Sedangkan pengembalian formulir bakal calon bupati/wakil bupati 2 September hingga 5 September 2017.

Ketua Tim Pilkada DPD PAN KBB, Dona Ahmad Muharam mengatakan, pendaftaran balon bupati/wakil bupati sesuai keputusan rapat kerja daerah (Rakerda) I DPD PAN KBB pada tanggal 3 Agustus 2018. Bagi bakal calon bupati/wakil bupati yang berminat mendaftar bisa menghubungi Sekretariat PAN atau menghubungi di nomor 0811200478 atas nama tim pilkada DPD PAN KBB.

“Pandaftatan ini juga instruksi DPW PAN Jabar berrdasarkan surat yangg dikirim ke kami, dan memang harus membuka pendaftaran bakal calon bupati/wakil bupati,” ujar Dona.(sep/ded)