Beranda SUBANG PKB Beri Pembekalan Bacaleg

PKB Beri Pembekalan Bacaleg

42
0

SUBANG-DPC Partai Kesatuan Bangsa (PKB) Subang menggelar pembekalan bakal calon legislatinf (bacaleg) di Aula Dekopinda Subang, Minggu (13/5).
Ketua DPC PKB Kabupaten Subang, Andi Lukman Hakim mengatakan, pembekalan bacaleg ini merupakan bagian dari progessifitas pembangunan partai dan kader partai, terutama dalam menyongsong pileg dan pilpres.

Mengenai persoalan kurangnya caleg perempuan yang tidak memenuhi kuota 30 persen dari caleg yang ada, kata Andi, pihaknya akan terus diupayakan untuk terpenuhi dengan cara ekspansi dan menjadi partai terbuka dan membuka pendaftaran caleg seluas-luasnya.

Dia mengatakan, PKB yang terlahir dari NU saat era Gusdur harus menjadi sebuah manfaat politik bagi semua bacaleg PKB. Karena banom NU cukup banyak belum lagi Lajnah-nya.
“Kepentingan politik harus berbanding lurus dengan kepentingan rakyat. Artinya ketika kepentingan rakyat terpenuhi maka rakyat dengan sendirinya akan ikhlas memilih caleg yang pro rakyat,” jelasnya.

Bacaleg bukan hanya mencari kepentingan pribadi tetapi juga kepentingan konstituen dan masyarakat.
“Dengan menyapa dan berkunjung ke pelosok desa, itu lebih menyentuh hati masyarakat,” ujarnya.

Ketua LPP DPC PKB Kabupaten Subang, Hasanudin mengatakan pembekalan Bacaleg untuk memberikan pemahaman dan kesiapan apa saja yang harus disiapkan sebagai bacaleg.
“Sehingga proses pecalegan lancar dan target kursi terpenuhi minil peedapil satu orang legislatif dan maksimal 10 orang. Dan berdasarkan data caleg perempuan masih kurang,” jelasnya.

Wakil Sekretaris Dewan Syuro DPC PKB Subang Agus Eko M. Solihin mengajak mensarankan kepada para Bacaleg PKB untuk aktif bermedsos seperti facebook, twitter, instagram dan media sosial lainnya.

Komisioner Panwaslu Budi Santoso mengatakan, bacaleg harus memahami koridor dan aturan terkait pelanggaran pemilu legislatif. Sesuai aturan yang berlaku. Juga bisa melaporkan pengaduan terkait adanya pelanggaran pemilu.

“Dihimbau para bacaleg untuk mematuhi segala aturan main pileg sehingga tidak terjadi pelanggaran dan hal yang tidak diinginkan. Semua akan berjalan kondusif, saat semua caleg mematuhi aturan mainnya,” ujarnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Subang, Ahmad Koncara mengatakan, bacaleg sedini mungkin menyiapkan persyaratan yang lengkap sesuai yang ditentukan oleh penyelenggaran pemilu.(ysp/din)
.