Beranda HEADLINE Perusahaan Wajib Pekerjakan Penyandang Disabilitas

Perusahaan Wajib Pekerjakan Penyandang Disabilitas

72
0

Kurang Diperhatikan, Disnakertrans Usulkan Perda

SUBANG-Persoalan akses kesetaraan bagi penyandang disabilitas ternyata tak hanya menyangkut infrastruktur (sarana-prasarana) serta pelayanan publik, tetapi juga minimnya akses dalam ketenagakerjaan.

Disnakertrans Subang mengimbau perusahaan untuk memberikan kesempatan bekerja kepada masyarakat disabilitas.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Subang, Asep Nuroni mengatakan, khusus bagi perusahaan besar yang karyawannya di atas 100 orang, wajib untuk mempekerjakan disabilitas sebanyak 1 persen.

“Menurut undang-undang, bagi perusahaan yang mempekerjakan lebih dari 100 orang, harus ada 1 persen karyawannya dari disabilitas,” ungkapnya kepada Jabar Ekspres, kemarin (10/8).

Asep mengatakan, di Kabupaten Subang jumlah perusahaan dengan skala besar yang karyawannya lebih 100 orang, tercatat sekitar 70 perusahaan. Sementara total perusahaan di Subang baik skala kecil maupun besar lebih dari 700 perusahaan.

“Prioritaskan dulu bagi perusahaan besar yang harus menerima disabilitas,” ungkapnya.

Hingga saat ini di Subang hampir semua perusahaan besar belum mempekerjakan disabilitas. PT SUAI merupakan salah satu perusahaan yang sudah memperkerjakan masyarakat disabilitas.

Oleh sebab itu, supaya banyak perusahaan yang menerapkan aturan tersebut, pihaknya terus melakukan sosialisasi. Ia berharap ada kesadaran dari pihak perusahaan, karena yang ia ketahui perusahaan sudah tau mengenai aturan tersebut hanya tinggal mengimplementasikannya.

“Sebenarnya perusahaan sudah tau aturan ini. Hanya perusahaan juga mempertimbangkan mengenai produktifitasnya,” katanya.

Lebih lanjut Asep menjelaskan, dalam sistem kerja di perusahaan ada pekerjaan yang dapat dikerjakan oleh disabilitas. Sehingga tidak ada alasan perusahaan tidak mempekerjakan disabilitas.

“Pasti ada pekerjaan yang bisa dikerjakan oleh mereka (disabilitas),” ujarnya.

Untuk mempertegas aturan mengenai perusahaan harus menerima pekerja disabilitas, rencananya akan dibuatkan Perda. Namun itu, Asep perlu proses yang cukup lama.

“Pada prinsipnya ada atau tidak perda, aturannya kan sudah jelas, jadi perusahaan harus ikuti aturannya,” ungkapnya.(ysp/din)

YUSUP SUPARMAN/PASUNDAN EKSPRES

Dukungan konstitusi untuik Disabilitas:

  • UU penyandang disabilitas dan peningkatan kesejahteraan sosial penyandang disabilitas: 1 persen tenaga kerja (baik swasta maupun pemerintah) adalah penyandang disabilitas.
  • UU HAM: penyandang disabilitas memiliki hak atas fasilitas dan perlakuan khusus.
  • UU layanan publik: penyedia layanan umum wajib memberikan layanan khusus bagi penyandang disabilitas.
  • UU pembangunan gedung: fasilitas harus eksesible bagi penyandang disabilitas.
  • Permenaker: penyandang disabilitas berhak sertifikat pelatihan kejuruan.
  • SE Menaker: penyaluran pekerjaan dengan disabilitas di sektor swasta.

 

 

Perusahaan besar: 70 perusahaan

Perusahaan kecil: 630 perusahaan

Total perusahaan: 700 perusahaan