Beranda KARAWANG Perusahaan Jangan Hanya Cari Untung

Perusahaan Jangan Hanya Cari Untung

28
0
Suherno

KARAWANG-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Karawang, menyatakan jika belum ada payung hukum untuk membuat Peraturan Daerah (Perda) tentang corporate sosial responsibility (CSR) perusahaan. Padahal para wakil rakyat itu berencana membuat Perda inisiatif untuk CSR.

Sekretaris Komisi D DPRD Karawang, Suherno mengatakan, pihaknya sudah sejak lama ingin sekali mengeluarkan inisiatif rancangan peraturan daerah mengenai CSR. Namun sejauh ini, Komisi D sendiri belum menemukan payung hukum yang tepat sebagai dasar pembentukan perda tersebut.

“Pemerintah daerah tidak bisa memaksa sebuah perusahaan atau kawasan untuk mengeluarkan dana CSR. Karena dana CSR adalah dana sosial yang diberikan perusahaan dari 2 -3 % dari keuntungan yang mereka dapatkan setiap tahunnya. Tapi perusahaan itu kan punya managemen sendiri, dan kita tidak tahu apakah perusahaan tersebut dapat untung atau tidak,”ujarnya.

Dikatakan, bahwasannya saat di tahun 2017 ini ada sekolah – sekolah yang pembangunannya tidak bisa terakomodir oleh APBD dan membutuhkan bantuan melalui CSR perusahaan, akan tetapi bukan berarti permohonan peran serta perusahaan tersebut dapat dipaksakan oleh pemerintah daerah.

“Ya, tentu saja harus ada kesadaran dari pihak perusahaan ya, minimal sekolah- sekolah yang dekat dengan lingkungan mereka, dan kita DPRD juga akan terus mencoba mencari payung hukum yang kuat sebagai dasar kami membuat perda, hal ini tentu saja akan terus kami pikirkan,” katanya.

Suherno juga berharap, pemerintah daerah Kabupaten Karawang dapat terus menyampaikan imbauan dan peringatannya pada pengelola bisnis yang ada di Kabuapten Karawang agar ikut peduli kepada lingkungan sekitar, karena mereka berorientasi mencari keuntungan sebesar-besarnya dan berusaha di Kabupaten Karawang.

“Memang harus kami akui para pemilik perusahaan masih banyak yang tidak peduli terhadap situasi dan kondisi warga masyarakat di mana perusahaan tersebut berada, ya kami komisi D akan terus rapatkan dan rundingkan bersama mengenai perda CSR ini,,”pungkasnya. (use/tra)