Beranda BANDUNG Pertumbuhan Ekonomi Desa Sunten Jaya Melamban

Pertumbuhan Ekonomi Desa Sunten Jaya Melamban

78
0
Asep Wahono

LEMBANG– Akibat Infrastruktur kurang baik, laju pertumbuhan Ekonomi masyarakat Desa Sunten Jaya Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat melamban.

Asep Wahono Kades Suntenjaya, mengungkapkan peningkatan ekonomi di desanaya hanya mengalami kenaikan beberapa persen.

“Sampai sekarang perjalanan ekonomi masyarakat dikatakan jalan ditempat, walau ada kemajuan tapi hanya beberapa persen,” ungkap Wahono.

Asep mengungkapkan, kendala lambannya ekonomi masyarakat selain infrastruktur jalan yang kurang baik, kurang mendukungnya teknologi yang untuk mendukung mata pencaharian warga setempat.

“Masalahnya teknologi di bidang peternakan dan pertanian pun kurang kurang mendukung sehingga berpengaruh,” keluhnya.

Wahono mengakui, sebenarnya bukan tidak ada kemajuan dalam peningkatan ekonomi masyarakat, akan tetapi lajunya yang tidak signigikan.

“Akses jalan kabupaten sedang mengalami perbaikan, kalau jalan desa sekarang sedang melakukan penerobosan membuat jalan untuk meningkatkan ekonomi,” bebernya.

Sebagai pendongkrak ekonomi warga, ia menyampaikan, masyarakat Suntenjaya sudah memiliki kesiapan untuk menjadikan Desa Suntenjaya sebagai desa wisata.

“Warga Suntenjaya sudah siap dari segi tenaga, pikiran, persiapan untuk mewujudkan desa Suntenjaya sebagai desa wisata,” tukasnya.

Adanya kesiapan masyarakat untuk menjadikan Desa Suntenjaya menjadi desa wisata, lanjut Asep, ditunjang potensi Desa Suntenjaya yang luar biasa.

“Ingin meningkatkan jadi desa wisata karena Suntenjaya potensinya luar biasa seperti Curug yang bekerjasama dengan perhutani di beberapa lokasi, situs religi, dan agrowisata,” paparnya.

Namun rencana untuk mewujudkan Desa Wisata, ia mengungkapkan, terkendala dana APBDes yang tidak memadai.

“Kalau mengandalkan anggaran APBDes tidak akan memadai untuk membangun infrastruktur untuk keperluan desa wisata,” ungkapnya.(eko/ded)