Beranda SUBANG Perkembangan Padi Bagus, Akhir April Siap Panen

Perkembangan Padi Bagus, Akhir April Siap Panen

112
0

PAMANUKAN-Perkembangan tanaman padi di Kecamatan Pamanukan dikategorikan aman dan baik. Menurut Koordinator Penyuluh Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Pamanukan, Hj Tuti Mulyana, musim tanam padi kali ini terbilang bagus. Sebab, sampai saat ini rata-rata tanaman padi di wilayah Kecamatan Pamanukan aman dari gangguan hama dan penyakit.
“Untuk sampai saat ini belum ada masalah. Perkembangannya bagus. Rata-rata sekarang ini ada yang bunting serta keluar malai,” kata Tuti.

Tuti menjelaskan, varietas padi di Kecamatan Pamanukan didominasi IR42. Namun ada juga petani yang menanam jenis varietas Ciherang serta Mekongga. Dominasi IR42 di Kecamatan Pamanukan, kata Tuti, disebabkan oleh hasil produksi yang tinggi serta harga yang cenderung stabil. Bahkan, dalam beberapa musim panen juga hasilnya bagus ketika didaerah lain mengalami serangan atau hasil panenya kurang bagus.

Bahkan, kata Tuti, akhir bulan April ini sekitar 400 hektare padi di Rancasari akan mulai panen. Lalu di awal bulan Mei, giliran Desa Bongas yang akan melakukan panen sekitar 50 hektare sawah.
Tuti melanjutkan, hingga menjelang panen ini, ia bersyukur tidak ada permasalahan yang cukup berarti baik dari gangguan hama dan penyakit maupun masalah kekeringan.
“Masih musim penghujuan juga, terus yang banjir juga selewat aja, satu hari, beberapa jam kemudian surut lagi,” terangnya.

Ia mengharapkan sampai nanti musim panen tiba, lahan pertanian yang ada di Kecamatan Pamanukan baik-baik saja. Untuk itu, dari pihak BPP dalam menjelang panen terus lakukan penyuluhan. Meski sebetulnya, penyuluhan sendiri dilakukan secara rutin dari mulai masa tanam hingga masa panen tiba.

Namun menjelang masa panen ini, ia menyarankan untuk para petani agar meningkatkan kewaspadaan terhadap hama dan penyakit serta melakukan pengawasan dengan cara mengamati. “Dengan pengamatan itu bisa dilihat ada penyakit atau tidak,” bebernya.

Selain itu, juga dilakukan penyuluhan mengenai masa panen, penggunakan zat organic cair atau ZPT. Yang tujuanya untuk pengisian produksi yang tinggi pada gabah serta untuk meningkatkan kualitasnya. (ygi/din)