Beranda EDUKASIA Peran Guru PAUD sangat Dominan

Peran Guru PAUD sangat Dominan

58
0

PURWAKARTA-Dunia anak merupakan dunia keceriaan, yang tak lepas dari bermain. Namun bermain yang berkonsep serta memicu kreativitas anak. Tujuannya agar gerak motorik dan perkembangan emosional anak bisa berkembang secara seimbang.

Hal itu hanya bisa dilakukan oleh lembaga pendidikan. Salah satunya adalah Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Kepala PAUD Berkarakter Wardhatul Firdaus Cipaisan, Hj Ati Nurhayati SPd.I mengatakan, PAUD merupakan penyelenggara pendidikan anak yang sudah pengalaman belasan tahun. Dalam level pendidikan ini, peran guru pendamping sangat dominan. Hal ini cukup beralasan. Selepas anak dari ibunya dan masuk PAUD, guru menjadi ibu kedua. Di tangan guru PAUD-lah, kemudian tanggungjawab sepenuhnya dipikul, termasuk keamanan anak.
“Guru dituntut ekstra,” ujar Ati ditemui di sela acara studi tour siswa di salah satu kolam renang di Wanayasa, Purwakarta.

Namun demikian, karena study tour kali ini bertujuan hiburan,maka peran guru dibantu para orang tua siswa turut serta diajak. Sehingga beban berat keaamanan selama berada di taman wisata menjadi tanggung jawab bersama.

Masih menurut Ati, pengenalan wahana air dipilih karena berdasarkan hasil pantauan, anak sangat gemar bermain air. Selain itu bertujuan untuk mengajarkan anak berenang pada usia dini.
“Ini sangat bagus. Hanya lagi-lagi butuh pendampingan yang ektra. Makanya setiap akhir pendidikan, kami selalu membawa serta siswa dan orang tua studi tour, gunanya menyatukan visi antara siswa guru dan anak. Jadi ternyata tak gampang menjadi guru pendamping anak hsia dini,” tandas Ati lebih lanjut.(dyt/din)