Beranda PURWAKARTA Pentingnya Peran Masyarakat Cegah Narkoba

Pentingnya Peran Masyarakat Cegah Narkoba

79
0

PURWAKARTA-Kasat Res Narkoba Polres Purwakarta AKP Heri Nurcahyo mengatakan, bahaya penyalahgunaan narkoba mengancam berbagai kalangan, tak melihat usia, pekerjaan, mau pun latar belakang seseorang. Oleh karena itu, sambungnya, peran serta seluruh lapisan masyarakat sangat diperlukan guna mencegah peredaran barang haram itu.

“Persentase penanganan perkara tindak pidana narkoba selama 2017 cenderung menurun dibandingkan 2016 lalu. Meski jumlah perkara menurun, akan tetapi penyitaan barang bukti meningkat. Ada pun dari sisi usia penyalahgunaan narkoba rata-rata usia produktif,” ujarnya saat memberikan paparan pada Rapat Koordinasi Pencegahan dan Penanggulangan Narkoba di Kabupaten Purwakarta Bersama Bidang Kepemudaan Disporaparbud Purwakarta, Selasa (6/3).

Heri juga merinci penyalahgunaan narkoba berdasarkan latar belakang pendidikan atau pekerjaan. Selain itu, dirinya juga memaparkan pengguna narkoba berdasarkan jenis kelamin. “Untuk penyalahgunaan narkoba pada kaum perempuan pada 2017 persentasenya meningkat,” katanya.

Sementara itu, Kabid Kepemudaan Disporaparbud Ahmad Arif Imamulhaq mengatakan, pihaknya mengapresiasi kehadiran Kasat Narkoba dan Polres Purwakarta serta seluruh peserta terkait agenda rapat koordinasi ini.

“Pertemuan ini sangat istimewa. Kami berharap dapat ditindaklanjuti dengan rakor berikutnya dengan peserta dari stake holder yang lebih luas,” ujar Ahmad Arif.

Lebih lanjut dirinya menyebutkan, rakor tersebut juga menghasilkan beberapa catatan penting, di antaranya dukungan semua pihak terbentuknya Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK).

“Juga dapat disusunnya perda tentang pencegahan dan penanggulangan narkoba, dan langkah strategis pencegahan dengan melibatkan orang tua dan tenaga pendidik,” ucapnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPC Granat Purwakarta M Sofaturachman, Yayasan Peduli Marwan Matridi, Yayasan YPPAI Taufik Malano, GANN Purwakarta Tommy Yumarno, Perwakilan Kodim 0619/Purwakarta Pelda Djunaedi, DPD KNPI Purwakarta Agus Budiman, BNK Kesra Pemkab Purwakarta Habibah dan Ade Ahmad S.(rls/add)