Beranda KARAWANG Pengawas TPS Diharapkan Minimalisir Kecurangan

Pengawas TPS Diharapkan Minimalisir Kecurangan

81
0
Panwaslu Karawang menggelar rapat kordinasi pembentukan pengawas TPS dalam rangka Pilgub Jabar tahun 2018.

KARAWANG-Guna memaksimalkan pengawasan Pemilihan Gubernur Jawa Barat secara utuh di semua tingkatan mulai dari Kabupaten sampai tingkat RW. Panwaslu Karawang menggelar rapat kordinasi pembentukan pengawas TPS dalam rangka Pilgub Jabar tahun 2018.

Ketua Panwaslu Kabupaten Karawang, Syarif Hidayat mengatakan, pengawas TPS memiliki fungsi dan peran yang sangat penting sesuai UUD 7 Tahun 2017 yang sudah diberlakukan saat ini. Tenaga pengawas di TPS diharapkan bisa melakukan pengawasan yang lebih maksimal, akurat, dan cepat. Apalagi, saat ini sudah jaman digital dengan penuh kecepatan memberikan informasi maupun laporan.

“Perekrutan penwas TPS sudah dilakukan sejak seminggu lalu dna pada tanggal 3 Juni mendatang semuanya bakal dilantik secara serentak di masing-masing kecamatan yang ada di Karawang,” ujarnya, Selasa (29/5) di Hotel Batiqa Karawang.

Dikatakan, dengan adanya pengawas TPS, pihaknya berharap tidak ada kecurangan ditingkat TPS. Sehingga penyelenggaran pilgub Jabar bias sesuai yang diharapkan tanpa adanya permasalahan. “Kami minta panwas kecamatan menyeleksi panwas TPS yang memiliki kredibilitas dalam bekerja,” katanya.

Sementara itu, Divisi SDM dan Organisasi Panwaslu Kabupaten Karawang, Suryana Hadi Wijaya mengatakan, pihaknya membentuk Pengawas TPS untuk memastikan tidak ada pelanggaran dalam proses pemungutan suara di setiap TPS pada 27 Juni mendatang. Pengawas TPS tersebut akan dibentuk paling lambat 1 Juni atau 27 hari sebelum pelaksanaan pemungutan suara. “Tugas pokok Pengawas TPS ini untuk mengawasi pelaksanaan pemungutan suara dan penghitungan suara di setiap TPS,” katanya.

Dikatakan, pendaftaran sudah dibuka sejak tanggal 21 Mei sampai 25 Mei 2018. Bagi masyarakat yang ingin mendaftar bisa langsung ke kantor Panwaslu Kecamatan masing-masing. Namun ada perpanjangan sampai tanggal 30 Mei untuk beberapa kecamatan. “Pendaftarannya di 30 panwascam se-Karawang, atau bisa menghubungi panwas ditingkat desa,” katanya.

Dijelaskan, kebutuhan Pengawas TPS ini menyesuaikan jumlah TPS yang ada. Pada Pemilihan Gubernur Jawa Barat, di Karawang ada 3022 TPS yang tersebar di 309 desa/kelurahan. Selain mengawasi di TPS, Pengawas TPS juga bertugas melakukan pengawasan pada hari tenang. “Tugas tambahannya pembersihan APK (Alat Peraga Kampanye) pada saat hari tenang dan memastikan tidak ada kampanye di hari tenang,” jelasnya. (use/tra)