Beranda BANDUNG Pengamanan Pilkada Libatkan Ratusan Personil TNI dan Polri

Pengamanan Pilkada Libatkan Ratusan Personil TNI dan Polri

34
0

PADALARANG – Untuk mengamankan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bandung Barat (KBB), ribuan personil keamanan dilibatkan. Personil keamaan itu terdiri dari personil TNI, Polri, dan Satpol PP KBB.

Kapolres Cimahi, AKBP Rusdy Pramana Suryanegara mengatakan untuk pengamanan Pilkada serentak ini, pihaknya mendirikan Satuan Tugas (Satgas) Triparta yang terdiri dari unsur TNI, Polri, Satpol PP dan Pamswakarsa. Sedangkan Polres Cimahi sendiri menurunkan 860 anggotanya.

“Kami melibatkan 850 personil, mereka akan disebar keseluruh wilayah di KBB,” kata Rusdy kepada Pasundan Ekspres usai menghadiri penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati di Aula Kantor KPU KBB, Senin (12/2).

Setelah penetapan paslon ini, kata dia, setiap calon Bupati maupun wakil Bupati akan di kawal oleh 4 anggota kemanan. Pengawalam ini penting dilakukan untuk menjaga keamanan para kandidat selama pelaksanaan pilkada.

“Pengawalan juga akan dilakukan kepada Komisioner KPU dan Komisioner Panwaslu,” ujarnya sereya menyebut petugas pengawal ini bertugas untuk mensukseskan penyelanggaraan pilkada.

Ditanya soal wilayah KBB mana yang paling rawan konflik dalam Pilkada ini, Rusdy enggan menjelaskan secara rinci. Namun, untuk mendeteksi potensi konflik, pihaknya sudah melakukan pemetaan wilayah yang akan menjari perhatian TNI Polri dalam mengamankan pelaksanaan pilkada.

“Intinya kami sudah melakukan pemetaan, soal wilayah mana yang paling berpotensi rawan konflik, itu jadi rahasia kami,” ungkapnya.

Sementara itu, Dandim 0609 Kabupaten Bandung, Letkol Arh, A. Andre Wira Kurniawan meminta bantuan kepada anggota TNI untuk netral dalam Pilkada serentak. Bahkan, dia meminta semua pihak untuk mengawasi dan melaporkan jika ada anggota TNI yang ikut terlibat mendukung salah satu paslon tertentu.

“Jika ada anggota TNI yang tidak netral, mohon laporannya, akan kami proses dengan tegas. Begitu pun Polri, kami bersama pak Kapolres berkomitmen itu,” kata Andre.

Sementara, untuk membantu Polri dalam mengamankan Pilkada KBB, pihaknya melibatkan 250 personil. Mereka akan membackup kepolisian dalam menjaga kondusifitas pelaksanaan Pilkada KBB.

“Mereka sudah siap untuk turun mengamankan Pilkada,” pungkasnya. (sep/tra)