Beranda KARAWANG Penetapan HET Harus Pro Rakyat Kecil

Penetapan HET Harus Pro Rakyat Kecil

29
0

KARAWANG-Penetapan Harga Eceran Tertinggi (HET) beras yang dilakukan pemerintah harus pro kepada masyarakat. Tak sedikit yang menilai penetapan HET akan memberikan dampak negatif bagi petani, terutama dalam menjualan hasil panen.

Anggota Komisi B DPRD Karawang, Nana Nur Husna Hidayat mengatakan, penetapan HET beras sangat penting. Namun HET yang ditetapkan harus bisa pro terhadap petani.
“Ya penting penetapan HET. Tapi harus diimbangi oleh semangat keberpihakan terhadap petani yang notabene adalah pelaku utama industri pertanian yang kadang termarjinalkan,” ujar Nana, kemarin (6/9).

Menurut politisi Partai Gerindra tersebut, hingga saat ini masih banyak Pekerjaan Rumah (PR) yang harus dikerjakan pemerintah untuk petani, diantaranya seperti subsidi, kemudahan akses mendapatkan permodalan, akses obat-obatan, pupuk pertanian dan menjaga kestabilan harga paska panen.
“Banyak yang harus dilakukan pemerintah untuk melindungi keberadaan industri pertanian dan kebaradaan petani ditengah tantangan kebutuhan penyusutan lahan pertanian karena alih fungsi dan tidak lagi menariknya profesi sebagai petani,” katanya.

Ia menambahkan, keberpihakan pemerintah terhadap masalah pertanian akan semakin menjadikan hasil usaha pertanian semakin berkembang yang berimbas langsung pada kesejahteraan petani, dan mutu kualitas hasil pertanian itu sendiri. Sehingga bisa dengan mudah menetapkan kisaran HET beras. (use/din)