Beranda EDUKASIA Pendidikan Agama Bisa Cegah Bullying

Pendidikan Agama Bisa Cegah Bullying

118
0
YUSUP SUPARMAN/PASUNDAN EKSPRES STOP BULYYING: Siswa-siswi SD PIT Bhaskara Subang mengikuti acara peringatan Hari Anak Nasional, Senin (24/7)

SD PIT Bhaskara Subang Peringati Hari Anak Nasional

SUBANG-SD PIT Bhaskara Subang menyelenggarakan acara peringatan Hari Anak Nasional, Senin (24/7). Tema yang dimunculkan ialah “Stop Bullying”.
Salah seorang guru SD PIT Bhaskara Subang, Rachmat S.Sy mengatakan, dunia pendidikan di Indonesia menjadi salah satu perhatian untuk masalah bullying. Dalam pelaksanaan kegiatan pendidikan, kerap terjadi tindakan bullying antar civitas.
“Ironis memang dan sepatutnya benar-benar menjadi perhatian semua orang, tidak hanya pemerintah, namun semua pihak yang memiliki peran langsung maupun tidak langsung di sekolah,” katanya kepada Pasundan Ekspres.

Dia mengatakan, tindakan penindasan terhadap teman sebaya yang dianggap lemah atau disebut bullying merupakan tingkah laku yang tidak baik. Itu berawal dari lingkungan sekitar atau tayangan-tanyangan media sosial yang sering kali dipertontonkan tanpa adanya perhatian lebih dari orang tua.
“Anak-anak pada usia dini sangat aktif terutama dalam indra penglihatan, sering kali mereka melihat kemudian melakukan. Tak jarang apa yang mereka dengar kemudian mereka ucapkan,” ungkapnya.

Menurutnya, perlu perhatian lebih untuk mencegah terjadinya bullying. Kekuatan spiritual religius pun, kata dia, harus lebih ditingkatkan dan kemudian diperhatikan dalam pengaplikasikannya.
“Dalam ajaran agama Islam pada dasarnya mencetak generasi yang berakhlakul karimah seperti yang Rosululloh SAW telah contohkan,” jelasnya.
Pendidikan karakter perlu ditanamkan dari usia dini. Bahwa keberadaan sorang pribadi jauh lebih penting dan tentu tidak akan persis sama dengan apa yg menjadi miliknya dan apa yang telah dilakukannya.(ysp/epl)