AEF SAEPULLOH/PASUNDAN EKSPRES BEBERKAN PERKARA: Kepala Kejari Karawang, Sukardi (kanan) bersama Kasi Intel memaparkan perkembangan perkara penistaan agama dengan tersangka AS.

Berkas Perkara Penistaan Agama Dinyatakan Lengkap

KARAWANG-Kasus penistaan agama dengan tersangka Aking Saputra, dinyatakan sudah lengkap atau P21. Penyidik Kejaksaan Negeri Karawang saat ini masih menunggu pelimpahan berkas pemeriksaan dan penyerahan tersangka dari Polres Karawang. Sementara Jaksa Penuntut Umum tinggal mempersiapkan dakwaan sebelum dilimpahkan ke pengadilan.
“Perkaranya sudah P.21, dan kita masih menunggu tahap dua untuk penyerahan berkas dan tersangkanya. Kami sudah menyiapkan tim penuntut umum dan rencana dakwaan untuk persidangan nanti. Berdasarkan aturan sejak dinyatakan P.21, Polres Karawang memiliki waktu 30 hari untuk menyerahkan berkas dan tersangkanya. Setelah tahap kedua ini baru kami menyatakan sikap,” kata Kepala Kejari Karawang, Sukardi, Senin (4/9).

Menurut Sukardi, pihak kejaksaan menyatakan status perkara Aking Saputra sudah P.21 setelah sebelumnya melakukan gelar perkara. Gelar perkara untuk kasus Aking Saputra ini berbeda dengan kasus pidana umum lainnya. Alasannya, dalam gelar perkara ini langsung dipimpin Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat.
“Kami memandang perkara ini sebagai perkara penting. Makanya gelar perkaranya dilaksanakan di Bandung dan langsung dipimpin oleh Kajati,” katanya.

Sukardi mengatakan, kelanjutan penanganan kasus Aking Saputra masih menunggu limpahan dari Polres Karawang. Terkait dengan status tersangka Aking, Sukardi belum mau mengungkap, apakah akan ditahan oleh penyidik kejaksaan atau tetap dilakukan penangguhan tahanan.
“Saya masih menunggu sikap jaksa yang menanganinya, apakah mau ditahan atau tidak. Setelah itu baru saya akan mengambil sikap atas saran dari penuntut umum. Mekanismenya memang seperti itu. Saya harus menunggu terlebih dahulu dari jaksanya,” katanya.(aef/din)