Beranda PRO DESA Pemkab Hanya Perbaiki 3500 Rutilahu

Pemkab Hanya Perbaiki 3500 Rutilahu

69
0

Dari Target Awal Sebanyak 6500 Rutilahu

NGAMPRAH – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat akan segera menuntaskan 3500 rumah tidak layak huni (Rutilahu) pada tahun 2018 ini. Padahal, jumlah rutilahu yang belum diperbaiki saat ini masih menyisakan 6500 rumah.

Kepala Seksi Perumahan Swadaya pada Dinas Permukiman dan Perumahan (Diskimrum) Kabupaten Bandung Barat (KBN) Oke Rahmat mengatakan bahwa pemerintah hanya akan menuntaskan 3.500 rutilahu pada 2018 ini. Adapun sasaran perbaikan rutilahu itu hanya untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

“Tahun ini, kita hanya memperbaiki 3500 rutilahu dari 6500 rutilahu yang harus diperbaiki,” kata Oke saat di hubungi, kemarin.

Adapun sejumlah rutilahu yang masih belum diperbaiki tersebar di 16 Kecamatan. Mulai dari wilayah seperti Lembang, Ngamprah, Cipatat, hingga Cililin dan Rongga di wilayah selatan.

“Banyak rutilahu yang tidak bisa dibantu karena sebagian bangunan banyak berdiri di atas tanah milik negara,” ucapnya.

Oke menjelaskan, besaran anggaran bantuan rutilahu cukup bervariasi. Mulai dari Rp 8 juta dari APBD Kabuaten, Rp 5 juta dari APBD Provinsi dan dari APBN sebesar Rp 15 juta.

“Perbaikan Rutilahu dari APBD 1.500 unit di 87 desa dan 16 Kecamatan. Adapun bantuan dari pusat sebanyak 300 unit rutilahu untuk lima desa, seperti Cipatat, Lembang, Ngamprah, Cililin dan Rongga,” ungkapnya seraya menyebut bantuan tersebut diberikan dalam bentuk uang untuk kebutuhan setiap bangunan yang diperlukan. (sep/tra)