Beranda BANDUNG Pembangunan SMPN 6 Lembang Ditangguhkan

Pembangunan SMPN 6 Lembang Ditangguhkan

816
0

Siap Dialihkan ke Kecamatan Lain
LEMBANG-Pembangunan SMPN 6 Lembang yang rencananya akan dibangun disamping SDN Pancasila akhirnya ditangguhkan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Bandung Barat (KBB) hingga batas waktu yang tidak ditentukan. Hal itu menyusul adanya penolakan dari warga setempat.
Kepala Disdikpor KBB, Agustin Piryanti mengatakan, pihaknya tidak akan memaksakan pembangunan gedung SMPN 6 itu ditengah adanya penolakan dari sebagian warga setempat. Meski lahan pembangunan gedung tidak akan dibangun diatas lahan milik SDN Pancasila, namun pihaknya tidak mau permasalahan yang muncul menjadi penyebab  persoalan lainnya.
“Kita carinya yang aman-aman saja. Jika ada unsur masyarakat yang menolak, kita tidak akan memaksa melanjutkan rencana pembangunan itu. Jadi yang baik-baik saja,” kata pria yang akrab dipanggil Piping itu kepada Pasundan Ekspres di Ngamprah, Senin (18/1).
Lanjut Piping, bahkan pihaknya tak memungkiri pembangunan SMPN 6 itu akan dialihkan ke kecamatan lain yang lebih membutuhkan keberadaan sekolah SMP baru. Seperti Kecamatan Cihampeels dan Cipendeuy. Dua wilayah ini sudah siap menerima pembangunan SMP baru.
“Untuk awal tahun ini anggarannya kita alihkan ke kecamatan lain yang lebih membutuhkan dan baik dari Kepala Desa maupun masyarakatnya sangat mendukung untuk dibangunnya sekolah SMP yang baru disana,” ujarnya.
Namun di sisi lain, pihaknya terlebih dulu akan melakukan konsolidasi dengan semua unsure, baik Kepala Desa, komite sekolah dan orangtua siswa SDN Pancasila. Terkait surat sosialisasi pembangunan rencana pembangunan SMPN 6 Lembang itu yang sudah ia sampaikan beberapa waktu yang lalu.
“Kita akan tetap konsolidasikan ke semua unsur. Meski kita sudah berhubungan dengan mereka dan mensosialisasikanya sejak awal,” terangnya.
Selain di Lembang, pada tahun anggaran 2016 ini, pihaknya akan membangun sekolah setingkat SMP lain di Kabupaten Bandung Barat. Seperti pembangunan SMPN 3 Cisarua, SMPN 4 Cipeundeuy, SMPN 4 Cikalong dan SMPN 3 Cihampelas.
“Untuk pembangunan sekolah baru, kita akan mencari yang aman-aman saja. Kita tidak mau ribet karena adanya permasalah seperti di Lembang. untuk anggaranya bisa bersumber dari DAK (dana alokasi khusus-red) maupun dari bantuan gubernur,” ungkapnya.
Sementara itu, Kepala UPT Pendidikan TK SD dan Paudni Kecamatan Lembang, Budiyanto mengatakan, pihak sekolah maupun orang tua siswa SDN Pancasila sebenarnya sangat mendukung rencana pembangunan gedung SMPN 6 Lembang tersebut.
“Kepala Sekolah, guru dan orang tua siswa justru malah mendukung pembangunan SMP disana,” kata Budiyanto. Menurutnya, penolakan itu timbuk akibat adanya miss komunikasi dari pihak komite sekolah.
Seperti diketahui, rencana pembangunan unit sekolah baru (USB) SMPN 6 Lembang mendapat penolakan warga dan komite sekolah SDN Pancasila.(sep/din)