Beranda PRO DESA Pelatihan Keriwausahaan Program Desmigrasi

Pelatihan Keriwausahaan Program Desmigrasi

49
0
DADAN RAMDAN / PASUNDAN EKSPRES PELATIHAN: Warga desa Pusakaratu tengah mengikuti pelatihan kewirausahaan melalui program Desmigrasi.

PUSAKANAGARA– Sebagai tindaklanjut dari program Desmigrasi Kemenakertrans dimana di Kabupaten Subang terdapat dua desa yaitu Desa Pusakaratu dan Desa Compreng. Di kedua desa tersebut masuk kategori masyarakat terbanyak migrasinya atau yang bekerja dan telah bekerja ke luar negeri.

Selanjutnya Disnakertrans bersama Pemdes setempat menyelenggarakan Pelatihan Tenaga Kerja Mandiri Desa Migran Produktif dikedua desa tersebut.

Menurut Kepala Desa Puskaratu Aan Ana bahwa pelatihan keterampilan wirausaha itu melalui program Budidaya lele dan pengolahan Abon Lele yang diikuti oleh 80 orang.

“Yang melatih dari Disnakertrans Subang, kita hanya memfasilitasi dan menyiapkan tempat serta orangnya saja “, ujarnya.

Sesuai dengan hasil Bimtek di Jakarta bahwa program Desmigrasi itu bertujuan memberikan peluang usaha secara mandiri, menjadi tenaga kerja mandiri yang produktif tanpa harus kembali bekerja keluar negeri.

 

Ada empat pilar dari program Desa Desmigrasi ini yaitu membangun pusat layanan migrasi, mengembangkan usaha ekonomi produjtif keluarga TKI dan Purna TKI, Communitu Parenting dan menumbuhkembangkan pwnguatan usaha produktif.

“Saya mengharapkan melalui program ini masyarakatnya termotivasi untuk mengembangkan usaha baru atau home industeri”, tuturnya.

Kedepan program itu akan ada petugas demigratif untuk mengaping program, dan di desanya itu akan ada ruang khusus layanan migrasi dengan acuan dan program yang ditentukan oleh dinas terkait.(dan/epl)