Beranda HEADLINE PDIP Harus Munculkan Figur Baru

PDIP Harus Munculkan Figur Baru

88
0

IB Sarankan Imas Segera Lakukan Survey

BANDUNG-Setelah Ketua DPC PDIP sekaligus Bupati Subang Ojang Sohandi terjerat kasus hukum, PDIP harus mulai mencari sosok pengganti yang disuguhkan ke publik pada Pilkada 2018 mendatang. Lembaga Survey Indo Barometer (IB) menyarankan agar PDIP menyuguhkan figur baru.

Figur baru tersebut kata Qodari, juga sebaiknya yang memiliki elektabilitas yang baik. “Agar citra PDIP kembali baik. Sebaiknya cari figur baru,” ujar Qodari usai konferensi pers hasil survey Pilgub Jabar di Hotel Savoy Homan, Bandung, Kamis (23/3).
Kata dia, Indo Barometer berkali-kali melakukan survey di Kabupaten Subang pada dua Pilkada sebelumnya. Hasilnya, hasil Pilkada selalu sesuai dengan hasil survey.

Pada Pilkada 2008 lalu, lanjutnya, sosok Eep Hidayat kurang disukai oleh birokrasi Subang, tapi kuat di kalangan petani. Hingga akhirnya memilih ajudannya. “Itu pertama kali di Indonesia, dan akhirnya menang. Hasil Pilkada di Subang selalu sesuai dengan survey, keinginan masyarakat,” tandasnya.

Sementara untuk Plt Bupati Subang Imas Aryumningsih, ia menyarankan agar segera melakukan survey. Untuk mengetahui keinginan masyarakat. Sebab saat di Pilkada 2013 lalu, tambahnya, Imas ingin nyalon bupati tapi hasil survey tidak begitu kuat. “Akhirnya bergabung dengan pasangan dari PDIP-kan? Lalu menang,” tambahnya.

Dalam pemaparan sesi diskusi, Qodari juga menyampaikan, bagi incumbent harus mampu bekerja keras untuk meningkatkan tingkat kepuasan kinerja. Idealnya, harus lebih dari 50 persen. “Jika di bawah itu, cukup rawan. Dulu di Pilgub Jabar, kepuasan masyarakat terhadap Dany Setiawan hanya sekitar 35 persen, ini berbahaya. Dan akhirnya kalah,” paparnya.

Dalam survey yang digelar pada 27 Februari-7 Maret 2017,  tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Gubernur Ahmad Heryawan adalah 52,8 persen. Sedangkan kepuasan terhadap kinerja Wakil Gubernur Deddy Mizwar yaitu 42,5 persen.(man/din)