Beranda PURWAKARTA Pawang Kera Tiga Bulan Belum Terima Honor

Pawang Kera Tiga Bulan Belum Terima Honor

77
0

PURWAKARTA- Sebanyak 10 orang pawang kera di obyek wisata Kampung Kera Desa Jatimekar Kecamatan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta, sudah tiga bulan tidak menerima gaji.
Salah seorang Pawang Kera, Efendi menuturkan akibat honor belum dibayar berdampak pada minimnya ketersediaan makanan untuk puluhan kera hutan.”

“Pakan pisang atau ubi yang diberikan untuk kera hutan, itu biasanya dibeli dari patungan uang honor pawing. kami berkomitmen menyisihkan honor untuk beli makanan kera,” Katanya.

Namun saat masa jabatan Bupati Dedi berakhir, diungkapkanya honor pawang kera menjadi tak jelas. Hal tersebut juga berdampak kepada puluhan ekor kera yang sudah terbiasa diberi makan.

“Biasanya kami mendapat honor Rp1,5 juta perbulan, sekarang sudah tiga bulan belum turun jadi berimbas kepada kera juga yang tidak terurus. Bahkan bias menjadi ancaman bagi warga yang tinggal sekitar hutan Kampung Cilulumpang,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Jatuhur H Asep Supriatna SIP yang ditemui disela peninjauan Kampung Wisata Kera mengaku tidak bias berbuat banyak ketika mendengar keluhan pawing kera.
“Dulu sih saat awal-awal Wisata Kampung Kera ini berjalan, honor dari Disporaparbud lancer, tapi usai akhir jabatan Bupati Dedi semuanya menjadi tersendat, karena memang wisata kera ini digagas beliau termasuk honor pawang,”terangnya.

Saat ini kera tersebut hanya mengandalkan makanan pemberian dari pengunjung. Namun jika tidak ada makan bias mengancam pertanian milik warga sekitar.

“Ini kalau laparnya kelewatan maka kasusnya akan seperti dulu lagi, masuk kampung dan mencuri apa saja yang ada dirumah warga,”tukasnya.(dyt/ded)