Beranda BANDUNG Pastikan PNS Dapat THR

Pastikan PNS Dapat THR

88
0
Dok pasundan ekspres TUNJANGAN: Pelaksana Tugas Bupati Bandung Barat, Yayat T Soemitra anggarkan Rp12 miliar untuk THR PNS.

BANDUNG BARAT- Pemkab Bandung Barat memastikan bahwa pegawai negeri sipil (PNS) akan segera mendapatkan tunjangan hari raya (THR). Walaupun Pemkab tak menganggarkan secara khusus, tenaga kerja kontrak (TKK) atau pegawai honorer juga bakal menerima THR.

Pelaksana Tugas Bupati Bandung Barat, Yayat T Soemitra mengaku, pihaknya sudah menghitung besaran THR yang akan dibayarkan untuk pegawainya.” THR itu besarannya dari gaji, plus tunjangan kesejahteraan pegawai daerah. Jadi gaji ke-14 itu dipakai buat bayar THR. Kalau gaji ke-13, itu seperti biasa dibayarkan bulan Juli,” ucap Yayat, kemarin.

Yayat menyatakan belum tahu persis berapa anggaran yang disiapkan Pemkab Bandung Barat untuk membayarkan THR bagi para PNS ini. Sebab, penghitungan anggaran THR ditangani langsung oleh Badan Pengelolaan Keuangan Daerah.

“Angka persisnya saya kurang tahu, tapi kalau tidak salah mencapai Rp12 miliar,” ungkapnya.

Dia menerangkan, tunjangan kesejahteraan pegawai daerah (TKPD) bagi PNS di lingkungan Pemkab Bandung Barat mulai diberlakukan pada tahun ini. Kata dia, berdasarkan surat keputusan bupati, nilai TKPD untuk setiap pejabat struktural dari eselon Va sampai IIa adalah Rp 3-28,5 juta, sedangkan bagi setiap pejabat fungsional, staf khusus, dan pelaksana, nilainya berkisar antara Rp 1,5-15 juta.

Yayat mengaku, pemberian THR berupa gaji dan TKPD bagi para PNS sama sekali tidak akan membebani keuangan daerah karena sudah dihitung sebelumnya.” Sudah kami hitung, lagi pula ini kan kebijakan nasional. Tahun lalu (pemberian THR) gaji saja. Nah, sekarang gaji plus TKPD yang jumlahnya TKPD itu kan lebih besar dari gaji,” tuturnya.

Terkat dengan THR bagi pegawai TKK, Yayat menambahkan, dirinya belum menerima informasi dari Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD). Namun dia memperkirakan, pemberian THR bagi pegawai honorer tidak akan berbeda jauh dibandingkan tahun lalu, yakni sekitar satu bulan gaji.

“Termasuk dengan honorer guru yang langsung atas kebijakan sekolah. Karena, untuk honorer itu kan sebetulnya lebih kepada perencanaan masing-masing organisasi perangkat daerah, termasuk sekolah. Cuma untuk pengaturan THR-nya, saya belum dapat informasi,” katanya.

Kepala BPKD Bandung Barat Asep Sodikin mengatakan, telah melaporkan terkait anggaran untuk pemberian THR bagi para PNS kepada pimpinan.” Semuanya sudah saya laporkan kepada Bupati, tapi untuk nilainya, kami masih menghitungnya,” terang Asep.(eko/ded)