Beranda KARAWANG Panwascam Harus Aktif Laporkan Pelanggaran

Panwascam Harus Aktif Laporkan Pelanggaran

36
0

KARAWANG-Panwaslu Kabupaten Karawang, meminta Panwaslu Kecamatan untuk lebih aktif lagi dalam melakukan pengawasan tahapan Pilkada Jawa Barat. Pasalnya, partisipasi masyarakat untuk melaporkan temuan pelanggaran dalam tahapan Pilgub masih kurang.

“Panwascam harus aktif dan jangan hanya menunggu laporan dari masyarakat. Sebab jika menunggu laporan masyarakat maka kasus 6 kepala desa yang kedapatan berfoto dengan Calgub tidak akan naik ke pengadilan,” kata Ketua Panwaslu Kabupaten Karawang, Syarif Hidayat dalam rapat kordinasi sentra penegakan hukum terpadu (Gakkumdu), Senin (9/4).

Syarif juga menilai masih lemah dalam hal pembuktian temuan dugaan pelanggaran di Pilgub Jabar 2018. Seperti kurangnya alat bukti saat mendapati temuan.

“Dari sisi form yang harus diisi, pelanggaran-pelanggarannya, tahapannya juga memperdalam unsur pidananya. Karena selama ini di kecamatan relatif lemah dalam pembuktian. Padahal kami siap membantu ketika ada temuan dugaan pelanggaran,” katanya.

Dikatakan, ketika ada temuan dugaan pelanggaran, panwascam hanya menyerahkan bukti berupa foto. Seharusnya ada bukti lain seperti rekaman atau video.

“Kadang hanya foto. Kalau foto kan tidak bisa bunyi, jadi harus diperjelas lagi dengan rekaman video. Minimal kan ada dua alat bukti,” jelasnya.

Pengawas di tingkat kecamatan, lanjut Syarif, ketika mengawasi di lapangan terkadang hanya sebatas hadir dan mengambil foto melalui kamera seluler. Seharusnya panwascam juga mendapatkan alat bukti lain untuk mendukung temuan di lapangan.

“Selain itu pengkajian undang-undang juga masih kurang, maka kami menggelar rapat kordinasi ini agar panwaslu kecamatan bias lebih baik,” katanya.

Ia menambahkan, rapat koordinasi sentra Gakkumdu juga bertujuan untuk meningkatkan koordinasi antara pengawas di tingkat kecamatan dengan Panwaslu Kabupaten Karawang. Selain itu, dalam kegiatan tersebut juga untuk mempertajam pengawas jika ditemukan tindak pidana pemilu.

“Agar panwascam dengan Sentra Gakkumdu bisa lebih sinergis lagi. Ini juga sebagai evaluasi yang kemarin. Karena kampanye tersisa sekitar dua bulan lagi. Dan calon juga sudah mulai mempersiapkan kampanye terbuka,” katanya. (use/tra)