Beranda KARAWANG Nekat, Oknum Satpam Curi 7 Unit Sepeda Motor

Nekat, Oknum Satpam Curi 7 Unit Sepeda Motor

70
0

KARAWANG-Seorang oknum petugas keamanan (satpam) tempat kos di komplek Perumahan Karawang Festivale nekat mencuri tujuh unit sepeda motor milik para penghuni kos. Dalam menjalankan aksinya, pria berusia 52 tahun asal Kampung Anjun Kaler RT 16 RW 16 Kelurahan Karawang Kulon ini bekerjasama dengan tetangga dusunnya berinisial AT, 28. Bahkan aksi jahat keduanya nyaris tak terungkap.
“Aksi jahat mereka terungkap setelah pemilik rumah kos menambah CCTV di tempat kejadian perkara,” ujar Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polres Karawang, AKP Maradona Mapasseng, Senin (4/6).
Menurutnya, dalam kejahatan tersebut MG berperan sebagai pengarah motor mana yang harus dilarikan dari rumah kos. Sebelumnya, MG telah menyimpan kunci kontak motor yang ditinggalkan pemiliknya di ruang tamu.
Setelah memegang kunci tersebut, MG lantas menghubungi AT dan menyerahkan kunci motor yang akan dicurinya kepada AT. Sebelumnya, MG telah memberi tanda motor tersebut dengan kain lap yang ditaruh di atas jok motor.
“AT beraksi, saat rumah kos sedang sepi. Dia melarikan motor pemilik kos dengan tenang layaknya membawa motor sendiri,” kata Maradona.
Dikatakan, aksi kejahatan yang dilakukan MG dan AT dilakukan berkali-kali. CCTV yang terpasang di lokasi itu pun tidak bisa memberikan pentunjuk siapa pelaku pencurian itu.
Pasalnya, lanjut Maradona, sebelum AT berakai, MG telah menutup kamera CCTC dengan kain. Pemilik kos kemudian memasang CCTV tambahan tanpa sepengetahuan MG, sehingga semua gerak-gerik MG terekam oleh CCTV tersebut.
“Dengan alat bukti rekaman CCTV itu, MG dan AT kami ringkus,” kata Maradona.
Berdasarkan hasil pengembangan pemeriksaan, kedua pelaku mengaku telah mencuri motor dari tempat kos itu sebanyak 7 unit. Namun batang bukti yang berhasil disita polisi baru 5 unit motor.
“Keduanya kami jerat dengan Pasal 363 KHUPidana dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara,” kata Maradona. (use/din)