Beranda SUBANG Nalayan Pantura Dapat Bantuan Beras

Nalayan Pantura Dapat Bantuan Beras

55
0

BLANAKAN– Untuk mengurangi beban biaya hidup nelayan pantura, Pemkab Subang akan memberikan bantuan terhadap ratusan nelayan di wilayah pesisir utara (Pantura) yang terdampak cuaca buruk dan tidak bisa melaut. Bantuan yang kemungkinan dicairkan berupa beras sebanyak 32,22 ton sebagaimana yang diusulkan DPD PNTI Subang.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Subang, H E Kusdinar membenarkan kalau sebagian besar kondisi nelayan di wilayah kerjanya banyak yang menganggur tidak melaut karena cuaca ekstrim. “Sejak awal kitapun prihatin walaupun belum termasuk musibah karena rutin terjadi setiap tahun,“ ujarnya.

Namun demikian, dengan adanya usulan dan permohonan bantuan melalui DPD Persatuan Nelayan Tradisional Indonesia (PNTI) berupa beras, pihaknya terus memperjuangkan dan berkoordinasi dengan Dinas Sosial serta instansi terkait. “Kita bersyukur ajuan sudah ditanda-tangani Bupati Hj.Imas sebanyak 32,22 ton dan tinggal merealisasikannya dalam hitungan hari ke depan,“ jelas Kusdinar.

Selain itu, nelayan dan petani tambak pun ada yang memohon pengerukan Muara Ciasem di Blanakan. Sebab, bila tidak dinormalisasi kapal yang akan ke laut lepas atau sebaliknya kesusahan. “Ini pun akan segera kita realisasikan dalam pekan depan melalui Dinas PUPR, “ungkapnya.

Termasuk program lainnya yang diproses, seperti pembuatan TPT dan jalan di beberapa titik pertambakan. Termasuk pengadaan kapal penangkap ikan yang lengkap untuk membantu kelompok nelayan.

Ketua DPD PNTI Subang, H.Karya Zakaria sebelumnya sempat melayangkan surat usulan bantuan ‘beras paceklik’ kepada Bupati Subang karena sudah tiga bulan nelayan tidak bisa melaut karena kondisi cuaca yang buruk.

Bila hal itu dibiarkan dikuatirkan kekurangan pangan. Salah satu harapan untuk menyambung hidup mereka dengan mendapat bantuan beras.(dan/ded)