BANGGA. Logo Merah Putih di bagian depan motor YZR-M1 yang ditunggangi Maverick Vinales. Istimewa for JawaPos.com

Posisi Pertama dan Ketiga di Sirkuit Losail

Saat motor Yamaha YZR-M1 tunggangan Maverick Vinales dan Valentino Rossi menyentuh garis finis di urutan pertama dan ketiga pada MotoGP Qatar, Senin (27/3) dini hari, Indonesia ikut bangga. Bagaimana tidak, di motor keduanya terpampang jelas logo bendera Merah Putih, yang menjadi simbol negara Indonesia di pentas dunia.

Meski hanya berupa logo kecil Merah Putih di bagian depan motor, jelas tetap menjadi kebanggaan yang luar biasa bagi Indonesia. Setidaknya ini menjadi pembuka jelang rencana Indonesia kembali menggelar salah satu seri MotoGP pada tahun depan. Vinales dan Rossi mampu menguasai podium di tempat pertama dan ketiga di Sirkuit Losail.

Sebelum bendera Merah Putih terpasang di motor YZR-M1, tagline berbahasa Indonesia “Semakin di Depan” dan kunjungan rutin tiap tahun Rossi, Jorge Lorenzo (mantan pembalap Yamaha), hingga Vinales, ke Indonesia, sudah mendekatkan penggemar MotoGP dengan Yamaha.

”Terpampangnya bendera Indonesia merupakan kebanggaan bagi orang Indonesia. Indonesia semakin dikenal dunia karena dipasang pada motor tercepat Yamaha di dunia. Dan ini membuat masyarakat dunia lebih mengenal Indonesia, setelah sebelumnya tagline Semakin di Depan sudah duluan terpasang,” papar M. Abidin, GM Aftersales & Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), dilansir Ototrend.

“Ini juga bentuk penghargaan untuk fans tim Movistar Yamaha MotoGP, fans Valentino Rossi dan Maverick Vinales di Indonesia yang terkenal fanatik dan sangat menyukai MotoGP,” imbuhnya.
Lebih lanjut, pembalap Yamaha Indonesia turut menanggapi munculnya bendera Merah Putih tersebut sebagai inspirasi meraih juara. Seperti Galang Hendra, Imanuel Pratna, Rey Ratukore yang beraksi dengan YZF-R25 di Asia Road Racing Championship (ARRC) kelas Asia Production 250 (AP250).

”Bangga rasanya melihat bendera Merah Putih terpasang di M1. Sebagai seorang rider yang juga membawa nama negara di ajang balap, ini jadi penyemangat saya untuk ikut mengharumkan Indonesia. Makin semangat dengan hasil di Qatar podium pertama Maverick Vinales dan Valentino Rossi ketiga,” ucap Galang Hendra.

Imanuel Pratna turut mengamini, ”Ini sangat luar biasa buat bangsa Indonesia. Saya sendiri pun ikut merasakan bangganya jadi orang Indonesia bisa dilatih rider kelas dunia Valentino Rossi di Master Camp, karena ikut memperkenalkan negeri ini. Dan selamat buat Maverick Vinales dan Valentino Rossi untuk hasil bagus di Qatar”.

Sementara, Rey Ratukore berharap kelak bisa lebih mengharumkan Indonesia dengan mengibarkan bendera Merah Putih di podium MotoGP. ”Saya sangat senang melihat bendera Indonesia ada di M1. Sebagai duta bangsa melalui kompetisi balap, tentunya ini jadi inspirasi istimewa yang membuat saya ingin membanggakan Indonesia dengan mengibarkan bendera Merah Putih di podium. Seperti di podium Qatar untuk Maverick Vinales dan Valentino Rossi,” sebut dia. (ira/jpg/ded)