Beranda KARAWANG Menganggur, Tiga Pemuda Memilih Lakukan Pungli

Menganggur, Tiga Pemuda Memilih Lakukan Pungli

62
0
AEF SAEPULOH/PASUNDAN EKSPRES BARANG BUKTI: Polisi menyita sejumlah barang bukti, diantaranya adalah uang sebesar Rp157 ribu, 3 buah stempel dan 3 gepok karcis berbeda dengan bertuliskan Handaw.

KARAWANG-Tiga orang pelaku pungutan liar (pungli) terhadap sopir angkutan yang masuk ke Pasar Tradisional Cikampek diamankan Polsek Cikampek, Senin (11/8).

Para pelaku yang masih remaja tersebut adalah Iwan (21), Budi (20) dan Fajar (25) tersebut ditangkap setelah terbukti melakukan pemungutan liar sebesar Rp10 ribu per mobil.

Polisi pun menyita sejumlah barang bukti, diantaranya adalah uang sebesar Rp157 ribu, 3 buah stempel dan 3 gepok karcis berbeda dengan bertuliskan Handaw.

“Kami saat ini masih terus melakukan pemeriksaan kepada para pelaku,” ungkap Kapolsek Cikampek Komisaris Polisi (Kompol) Doni Satria Wicaksono.

Salah seorang pelaku Iwan mengaku, perbuatannya tersebut dilakukan karena terpaksa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

“Baru satu bulan, dibandingkan menganggur. Terus ada teman tongkrongan yang mengajak, ya saya ikut gabung,” kata Iwan kepada wartawan.

Iwan menyebutkan setiap hari dirinya bersama kawan-kawannya tersebut beroperasi di gerbang pasar sejak Pukul 08.00-14.00 wib. Dalam seharinya dia menyebutkan lebih dari 15 mobil sehari dia kenai retribusi bodong tersebut.

“Lalu saya storkan Rp30 ribu untuk bos Bdy. Sisanya kita bagi-bagi untuk teman-teman di lapangan,” tuturnya.(aef/tra)