Beranda HEADLINE Lulusan SMKN 1 Legonkolon Go Internasional

Lulusan SMKN 1 Legonkolon Go Internasional

142
0
YUSUP SUPARMAN/PASUNDAN EKSPRES Kepala Balai Pelayanan dan Pengawasan Pendidikan Wilayah II Dinas Pendidikan Jawa Barat, Dra Hj Otin Martini MPd didampingi Kepala SMKN 1 Legonkulon, Ir Hamdani melantik taruna-taruni angkatan V, kemarin (7/12).

SUBANG-Meski lokasinya berada di ujung utara Kabupaten Subang, SMKN 1 Legonkolun tak ingin kalah bersaing dengan sekolah lainnya yang berada di wilayah perkotaan. Melalui lulusannya, SMKN 1 Legonkulon membuktikan sebagai sekolah yang bisa diterima, baik di dalam maupun luar negeri. Sekolah berlokasi di Jalan Raya Pondok Bali KM 9 Legonkulon itu telah mengantarkan lulusannya bekerja di berbagai negara.

Lulusannya tersebar di negara Panama, Jepang, Taiwan, Korea Selatan dan Malaysia. Setiap tahunnya, 20 hingga 30 orang diberangkatkan bekerja di berbagai bidang terutama pelayaran.

Hal itu bisa dilakukan karena SMKN 1 Legonkulon, aktif bekerjasama dengan dunia usaha. Selain untuk memberikan kesempatan kerja yang mudah bagi lulusan, juga diharapkan dapat menyikronkan pendidikan sekolah dengan kebutuhan dunia usaha.

Kepala SMKN 1 Legonkulon, Ir Hamdani mengatakan, pihaknya terus berupaya menyiapkan lulusan agar bisa bersaing di dunia kerja, baik di dalam maupun luar negeri.
Selain memberikan pelatihan keterampilan sesuai dengan jurusan, para siswa juga diberikan pendidikan karakter. Masih menurut Hamdani, pihaknya percaya dengan karakter siswa yang baik bisa dengan mudah berkiprah di dunia kerja.
“Kami memang menerapkan pola pendidikan karakter bagi taruna-taruni,” ujarnya kepada Pasundan Ekspres, kemarin (7/12).

Sekolah ini, lanjut Hamdani, memiliki empat jurusan antara lain teknik kendaraan ringan otomotif, agribisnis pengolahan hasil perikanan, nautika kapal penangkap ikan dan juga bisnis daring dan pemasaran. Salah satu produk yang dibuat oleh taruna-taruni SMKN 1 Legonkulon ialah olahan makanan berbahan dasar ikan.

Di kesempatan yang sama Ketua Komite Sekolah SMKN 1 Legonkulon, Drs Abdul Kodir MPd I mengapresiasi upaya-upaya kepala sekolah dan guru-guru untuk memajukan sekolah. Apalagi lulusan SMKN 1 Legonkulon selama ini dapat diterima bekerja hingga ke luar negeri.
“SMKN 1 Legonkulon Go Internasional itu sangatlah tepat. Saya yakin sekolah ini akan maju jika dikelola dengan baik secara bersama antara sekolah dan komite sekolah,” jelasnya.

Sementara itu SMKN 1 Legonkulon, kemarin telah berhasil melantik 130 taruna-taruni angkatan V. Mereka dilantik oleh Kepala Balai Pelayanan dan Pengawasan Pendidikan Wilayah II Dinas Pendidikan Jawa Barat, Dra Hj Otin Martini MPd.(ysp/din)