Beranda EDUKASIA Lulusan SMK di KBB Lulus 100 Persen

Lulusan SMK di KBB Lulus 100 Persen

72
0

BANDUNG BARAT-Kelulusan SMK di Kabupaten Bandung Barat (KBB) tahun ini diklaim mencapai 100 persen. Hal tersebut seperti diungkapkan Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kabupaten Bandung Barat, H Deni Mariana.
“Alhamdulillah semuanya lulus. Harapannya, mereka (pelajar) bisa membuktikan hasil belajarnya kepada orang tua, masyarakat dan pemerintah, bahwa hasil belajarnya benar-benar bisa terwujud, apakah mereka bekerja, melanjutkan atau wirausaha,” ujar Deni Mariana.

Dengan dibekali keahlian dari program jurusan masing-masing, kata Deni, sekitar 8.092 siswa SMK yang lulus akan bersaing untuk mendapatkan pekerjaan yang pas sesuai kompetensinya.
“Saya yakin dan percaya bahwa SMK bisa,” sambungnya.
Sementara itu Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMK 45, Nani Yuningsih SPd mengatakan, seluruh siswanya dinyatakan lulus dengan nilai rata-rata memuaskan. Dengan hasil itu, siswa SMK 45 yang lulus siap bersaing di dunia kerja.
“Harapan saya apa yang telah diterima siswa dapat diterapkan di dunia kerja. Saya yakin mereka mampu karena sudah dibekali keahlian sesuai program jurusannya,” kata wanita yang akrab disapa Yuyun tersebut.

Di kesempatan yang sama, salah satu siswa SMK 45 yang dinyatakan lulus, Wulan Pradila mengaku dengan dengan keahlian di bidang pemasaran, dirinya akan langsung bekerja di salah satu toko ritel modern.
“Kan saya masuk kelas khusus. Jadi lulus dari sini langsung kerja, dan disalurkan oleh sekolah,” ucapnya.

Bagian Hubungan Industri SMK 45, Drs Enceng mengatakan, pihaknya telah melakukan kerjasama dengan sejumlah perusahan yang ada di dalam negeri maupun luar negeri. Tujuannya untuk menyerap lulusan SMK 45.
“Besok (Jumat 4/5) juga kami kedatangan dari salah satu lembaga yang akan kerjasama pemagangan ke Jepang. Diharapkan siswa dan siswi SMK 45, selain dapat diterima kerja di dalam negeri, juga dapat diterima diluar negeri,” paparnya.(eko/din)