Beranda SUBANG Lima Janji H Ruhimat yang Menarik Perhatian Partai

Lima Janji H Ruhimat yang Menarik Perhatian Partai

93
0

NasDem Sudah Serahkan Surat Rekomendasi Dukungan

SUBANG-Sosok H Ruhimat tiba-tiba melejit dan diperhitungkan oleh partai politik. Padahal dalam Pilkada sebelumnya tidak pernah terdengar. Tapi sejak hampir 6 bulan lalu spanduk, baligo H Ruhimat mendadak bertebaran, terdengar pula lagu-lagu tentang H Ruhimat. Belakangan, tokoh dari Subang selatan itu memikat banyak partai.

Diantara hal-hal yang membuat Ruhimat diperhitungkan yaitu berani membuat pernyataan di atas materai dan tercatat di notaris. Jika janjinya tidak dipenuhi, dalam pernyataannya Dia menyatakan bersedia mengundurkan diri.

Keberanian itu membuat Partai Nasdem menjadi yang pertama memberikan surat rekomendasi mendukung H Ruhimat sebagai calon bupati. Bulat, tak ada kandidat lain dari Nasdem yang bersaing dengan H. Ruhimat.

Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Subang, Eep Hidayat mengakui, keberanian itu salahsatu yang membuat Nasdem tertarik mendukung penuh H Ruhimat. Ia menyatakan, NasDem menjadi partai yang pertama dan tercepat memberikan rekomendasi calon bupati.
“Calon lain tidak ada yang berani melakukan itu. Partai Nasdem bukan mendukung orang tapi mendukung janji. Partai Nasdem sudah resmi memberikan surat rekomendasi ke H Ruhimat. Diberikam langsung oleh Ketua DPW Nasdem sebelum Idul Adha,” papar Eep.

Eep kemudian menunjukan dokumen pernyataan Ruhimat. Ada lima poin, akan membuka data APBD secara transparan, membangun jalan dan jembatan dengan anggaran Rp2 triliun, bekerjasama dengan KPK-RI dalam pemberantasan korupsi, memberikan gaji bupati untuk kepentingan masyarakat, jika janjinya tidak ditepati maka bersedia mengundurkan diri. Ditandatangani di atas segel materai tercatat di notaris.
“Membuka APBD secara transparan itu pertama di Indonesia, anggaran jalan Rp2 triliun juga pertama. Yang lain mungkin sudah banyak yang melakukan. Di situ tercantum dilakukan bertahap, tahun kedua ujicoba sistem, tahun ketiga pelaksanaan. Kalau itu tidak dilaksanakan, saya yang pertama menurunkannya,” tandasnya.

Mantan bupati itu menilai, komitmen dan program H Ruhimat itu berbeda dengan calon bupati yang lain. Sampai saat ini Partai Nasdem tidak ada opsi dukungan terhadap calon lain. Sebab kata dia, tidak ada calon lain yang seberani H Ruhimat membuat program.
Sedangkat terkait dukungan dari partai lain, Eep menyerahkan hal itu kepada Ruhimat. “Kita tidak berada dalam hal itu (menggalang dukungan partai). Kita serahkan ke H Ruhimat,” katanya.

Dengan demikian, Ruhimat secara resmi sudah mengantongi dukungan Nasdem. Tapi tidak menutup kemungkinan terus bertambah. Sebelumnya, Rabu (7/9) di Hotel Fave, lima partai yaitu Nasdem, Demokrat, PKS, Hanura dan Gerindra menyatakan dukungan untuk pasangan Ruhimat dan Agus Masykur. Tapi belakangan, Gerindra meralat bahwa pihaknya tidak memberi dukungan secara resmi untuk pasangan tersebut.(man/opl)