Beranda EDUKASIA Latdastar Jawab Kebutuhan Dunia Industri

Latdastar Jawab Kebutuhan Dunia Industri

19
0
DADAN RAMDAN / PASUNDAN EKSPRES PENDIDIKAN KARAKTER: Puluhan siswa kelas X tengah mengikuti Latdastar yang berlangsung selama tiga bulan sebagai bagian dari pendidikan karakter.

SMKN Compreng Utamakan Pendidikan Karakter

COMPRENG– Model pendidikan pengembangan karakter yang kini dilakukan di SMKN Compreng adalah sebagai jawaban atas kebutuhan dunia industri dan usaha yang membutuhkan tenaga kerja terampil dan berkarakter.

Menurut Kepala SMKN Compreng Ardi Mulyono pendidikan karakter bagi siswa SMK yang dipimpinnya diawali dengan latihan dasar ketarunaan atau biasa disebut Latdastar yang dikhususkan bagi siswa baru kelas X, selama tiga bulan yang diikuti oleh 61 siswa dari berbagai jurusan yaitu ATPH, RPL dan jurusan TBSM.

Mengapa demikian Latdastar dimaksudkan mendidik karakter dengan pembiasaan disiplin, tepat waktu dan olah stamina. Dengan demikian diharapkan melalui latdastar itu akan menjawab kebutuhan dunia industeri yang menginginkan lulusan SMK yang siap pakai dan memiliki karakter disiplin.

“Lulusan SMK ini bukan hanya akademik saja tetapi pendidikan karakter lebih diutamakan “, tuturnya.

Materi Latdastar meliputi olah rasa, olah hati, olah pikir dan olah raga.

Saat inipun SMKN Compreng melepas 14 orang siswa kelas XI untuk PKL/Prakerin ke Bandung di sebuah perusahaan benih bertaraf internasional PT. Eastwast Panah Merah di dua titik Cisarua Bandung dan Purwakarta.

Mereka nantinya akan Prakerin mengenai pembuatan benih sayuran dan buah-buahan. Prakerin akan berlangsung selama enam bulan hingga mereka faham dengan ilmu dan praktek kerja industeri yang merupakan bagian dari KTSP Alternatif.

Selain itu ada beberapa perusahaan yang telah bermitra dengan SMKN Compreng baik di Subang, luar Subang bahkan luar negeri Jepang, Taiwan, Malaysia, Amerika.(dan/epl)