Beranda EDUKASIA Kwarcab-Panwas Sepakat Bentuk Saka Adhyatsa

Kwarcab-Panwas Sepakat Bentuk Saka Adhyatsa

41
0

PURWAKARTA-Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Purwakarta menggandeng jajaran Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Purwakarta membentuk Satuan Karya (Saka) Adhyasta.

Hal ini terungkap pada Forum Group Discussion (FGD) Pengawasan Partisipatif dalam Pembentukan Saka Adhyasta pada pemnilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat serta Bupati dan Wakil Bupati Purwakarta di Hotel Grand Situ Buleud Purwakarta, Selasa (15/5).

Ketua Panwaslu Kabupaten Purwakarta Oyang Este Binos S.Fil.I mengatakan, melalui FGD ini pihaknya mengajak para perwakilan Kwarcab Gerakan Purwakarta untuk membentuk Saka Adhyatsa.
“Jadi tadi pada saat FGD saya sampaikan pentingnya membentuk Saka Adhyatsa yang nantinya berperan serta dalam pengawasan pemilu. Pramuka ini kan anggotanya banyak dan tersebar. Mereka ini sudah teruji dan capable dalam melakukan pengawasan. Alhamdulillah sambutannya positif dan pada tahapan berikutnya kami akan membentuk kepengurusannya,” kata Binos kepada koran ini ditemui usai acara.

Nantinya, sambung Binos, keanggotaan Saka Adhyatsa ini sifatnya relawan. “Mereka akan dilibatkan di seluruh tahapan pilkada, mulai dari sosialisasi, pengawasan saat kampanye, hingga pada pemungutan dan penghitungan suara. Saka Adhyatsa Pramuka yang dibentuk Panwaslu dan Kwarcab Kabupaten Purwakarta ini nantinya akan ditempatkan di setiap Tempat Pengutan Suara (TPS),” ucapnya.(add/din)