Beranda PRO DESA Kuwait Bantu Bangun 400 Rutilahu

Kuwait Bantu Bangun 400 Rutilahu

28
0
EKO SETIONO/PASUNDAN EKSPRES SAMBUT ROMBONGAN: Kepala Desa Wangunharja, Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat, Dede Hermawan tengah menyambut kedatangan pengurus Badan wakaf Negara Kuwait dan para Donatur Rutilahu dari negara Kuwait, Sabtu (25/11).

Warga Desa Wangunharja Merasa Sangat Terbantu

LEMBANG – Perwakilan Badan wakaf asal negara Kuwait didampingi Ketua Yayasan Baitul AL- Khaeriyah dan para donatur dari negara Kuwait, meresmikan 85 unit rumah baru di Desa Wangunharja kecamatan Lembang, Bandung Barat, Sabtu (25/11).

Kepala desa Wangunharja, Dede Hermawan mengatakan, 85 unit rumah baru tersebut merupakan rumah yang dibangun karena kondisinya tidak layak huni, “Dengan kemurahan hati dari donatur warga Kuwait kami mendapat bantuan untuk menyelesaikan permasalahan rutilahu, “kata Dede, Sabtu (25/11).

Dede mengatakan, sampai hari Sabtu (25/11) sudah hampir 400 unit rumah yang sudah di bantu oleh badan wakaf Kuwait melalui Yayasan Baitul Al-khaeriyah.

“Hari ini saja 85 unit rumah yang diresmikan, Alhamdulilah telah membantu kami,” tambahnya.

Dede berharap, adanya sebuah pengakuan dari pemerintah kabupaten, karena, menurut dia, pemerintahan desa Wangunharja telah meringankan beban pemkab dalam menangani rutilahu.

“Untuk rumah saja jika di rupiahkan sekitar enam milyar, belum yang lainnya, dan semuanya dibantu oleh pihak ke tiga (bantuan luar negeri)” paparnya.

Nadia Bawazier Ketua Yayasan Baitul AL- Khaeriyah, mengatakan, kerjasama yang dibangun sejak 2012 itu, bertujuan untuk membantu menyelesaikan persoalan- persoalan dasar masyarakat.

“Intinya beribadah, kita semua harus saling bantu,”ujarnya.

Ukasih, warga Wangunharja yang menerima bantuan merasa bahagia, karena, berpuluh puluh tahun rumahnya hanya berdindingkan ‘bilik’ kini telah dibangun secara permanen.

“Alhamdulilah, kini rumah saya sudah permanen, ya seneng lah, dulu kan bilik sekarang ditembok” uajarnya.

Berdasarkan Informasi yang dihimpun oleh Pasundan Ekspres, selain 400 unit rumah, melalui yayasan Baitul Al Khaeriyah telah membangun Klinik, madrasah, mesjid dan menyediakan tanah wakaf pemakaman untuk warga Wangunharja Lembang.

Bahkan, Berkat prakarsa kepala desa wangunharja, dapat memberikan bantuan rutilahu untuk desa tetangga desa Cikidang sebanyak 50 unit, sebagai bentuk kepedulian sesama karena sampai saat ini pihak donatur memberikan respon kepada kades Wangunharja didalam penyaluran bantuan ke daerah lain. (eko/tra)