Beranda PRO DESA KTNA Dukung Program Padi Infari 33

KTNA Dukung Program Padi Infari 33

26
0
DADAN RAMDAN / PASUNDAN EKSPRES TAHAN HAMA: Ketua KTNA Kecamatan Compreng Warsono Bewok mengembangkan di lahan percobaan tanam padi varietas Inpari 33 yang lebih unggul.

COMPRENG– Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Subang, Menyambut baik program yang akan dicanangkan oleh Pemerintah untuk membuat Denfarm dengan varietas Infari 33 untuk musim tanam rendeng.

Sesuai hasil penelitian dan percobaan lapangan, varietas Infari 33 itu lebih unggul dan relatif tahan terhadap serangan hama wereng coklat.
” Varietas Infari 33 hasilnya bagus dan tahan hama, produksinya juga cukup tinggi”, ujarnya, Ketua KTNA Subang H. Otong saat dihubungi Pasundan Ekspres.

Menurutnya, pemilihan varietas Infari 33 itu salah satu langkah alternatif untuk menghindari adanya serangan hama wereng, dan merupakan salah satu jawaban untuk tetap menjaga stabilitas produksi padi di wilayah Kabupaten Subang.

“Tinggal diimbangi dengan ketersediaan stok benih Inpari 33 tersebut, sehingga petani mudah mendapatkannya,” tambahnya.

Sementara itu Ketua KTNA Kecamatan Compreng Warsono Bewok mengatakan, bahwa saat ini di wilayah Compreng baru mencoba menanam Inpari 33 yaitu di Desa Sukadana Kelompok Tani Kiara dan Desa Mekarjaya yang luasnya mencapai 300 ha.

“Sesuai dengan hasil percobaan tanam dari sejumlah varietas padi mulai dari Inpari 19, 24, 30, 31, 32, 38 dan 39, varietas Inpari ini Inpari 33 lebih unggul dan tahan hama,” katanya.

Di Desa Sukadana yang umumnya padi ketan dan 42, Ciherang dan Mekongga itu banyak terserang wereng. Untuk hasil produksinya varietas Inpari 33 berdasarkan hasil ubinan sekitar 11 ton/ha.

Pola budi daya Inpari 33 dengan Jarwo 4-1 dengan jarak tanam 35-40 cm. Penyemprotan dilakukan sebanyak tujuh kali saat di persemaian, usia 10 hst, 20 hst, 35 hst, 45 hst , 55 hst dan 65 hst dengan obat-obatan dengan bahan aktif BBMC dan Hemidifo, Abamecin.” Nasi padi Inpari 33 ini tidak pera dan pulen, sedang-sedang saja”, tuturnya.(dan/ded)