YUSUP SUPARMAN/PASUNDAN EKSPRES KURANG LENGKAP: Pengurus DPC PDIP Subang saat mendaftarkan sebagai peserta pemilu di KPU Subang, Rabu (11/10). KPU Subang mengembalikan empat berkas dari empat parpol, Perindo, PDIP, Demokrat dan Hanura karena dinilai belum lengkap.

SUBANG-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Subang mengembalikan berkas 4 partai politik (parpol) yang sebelumnya telah menyerahkan persyaratan peserta pemilu 2019. Empat partai tersebut antara lain Perindo, PDIP, Hanura dan Demokrat.

Perindo mendaftar Senin (9/10), PDIP Rabu (11/10), Hanura dan Demokrat mendaftar, Kamis (12/10).

Pengembalian berkas karena dianggap kurang lengkap. Partai yang telah mendaftar diminta segera melengkapi berkas sesuai dengan sipol.

Bagi parpol yang belum mendaftarkan ke KPU diimbau untuk disegerakan. Meskipun masih ada waktu hingga 16 Oktober, daftar lebih cepat lebih baik sehingga ketika ada berkas yang harus dilengkapi masih ada waktu sampai akhir batas pendaftaran.

Batas akhir pendaftaran dan perbaikan kelengkapan berkas persyaratan 16 Oktober. Tidak ada pengecualian, meskipun partai tersebut sudah daftar lebih dulu meskipun berkasnya dikembalikan.

Komisioner KPU Subang, Rakib Elfariz mengatakan, berkas parpol yang dikembalikan belum memenuhi dua aspek kesesuaian jumlah dan kesesuaian data.

Maksudnya, kesesuaian jumlah yaitu data yang di Sipol mengenai jumlah anggota parpol harus sesuai dengan data yang diserahkan oleh parpol bersangkutan.
“Kalau misalkan di data Sispol-nya 2.000 orang, maka harus membawa daftar nama-nama sebanyak itu,” kata Rakib kepada Pasundan Ekspres.

Kesesuaian data yang dimaksud yaitu nomor urut daftar nama, KTP dan KTA. Data yang diserahkan parpol di daerah harus sama dengan data Sispol yang ada di KPU.

Dia mengatakan, data Sispol yang dimiliki oleh KPU itu diperoleh dari laporan partai di DPP masing-masing sebelumnya. Yang dilakukan KPU Subang sekarang yaitu memverifikasi data tersebut.
“Nah kalau tidak sesuai, itu yang kami kembalikan,” ungkapnya.(ysp/din)