Beranda BISNIS Kopi Subang Curi Perhatian

Kopi Subang Curi Perhatian

252
0

 Di Ajang Jabar Fest 2018

SUBANG- Kopi Cupunagara yang kerap disebut Kopi Subang, menarik perhatian pengunjung dalam puncak acara Jabar Fest 2018 di Kawasan Titik 0 KM Yogyakarta pada Sabtu (14/4). Owner Kedai Kopi Ngoembara Rasyid Hadi Permana mengatakan respon dari pengunjung mengenai keberadaan Kopi Subang cukup baik dan ramai mengunjungi stand tersebut.

Sebab kata Rasyid, pengunjung acara Jabar Fest yang melihat stand Ikatan Pelajar Mahasiswa kabupaten Subang (IPMKS) di Yogyakarta cukup kaget melihat ada kopi Subang. Beragam respon bermunculan, karena orang-orang belum banyak tahu soal adanya kopi asli asal Subang yakni Kopi Cupunagara.

“Responya ya kaget, loh emang subang punya kopi? ya kita jelasinlah,” jelas Rasyid ketika .dihubungi via telepon kemarin (15/4).

Menurut Rasyid, meski baru tahu ternyata respon pengunjung terhadap keberadaan kopi Subang di acara Jabar Fest cukup baik. Bahkan, saat ia melayani pengunjung yang ingin mencoba rasa kopi Subang dengan menyeduhkan kopinya ternyata disambut dengan positif.

“Untuk secara rasa, positif semua (bilang) enak,” katanya.

Namun Rasyid Hadi Permana mengungkapkan jika awal dirinya ke Yogyakarta sebetulnya hanya sekedar bermain serta menghadiri acara pernikahan temannya. Namun sebelum ia berangkat, ia melakukan kontak dengan temannya asal Subang yang sedang menempuh pendidikan di Yogyakarta yang memintanya membawa kopi Subang.

“Karena ada Jabar Fest teman-teman dari IPMKS minta Kopi Subang,” kata Rasyid.

Akhirnya ia berangkat, dengan membawa beberapa pack roasted bean kopi Subang. Ia sendiri mengharapkan dari Jabar Fest, minimalnya anngota IPMKS sendiri thau Subang itu punya kopi.

“Lebih jauhnya, orang-orang yang berasal dari Jawa Barat yang sedang kuliah di Yogyakarta bisa tahu kalau Subang memiliki kopi,” terangnya.

Terpisah, Pasundan Ekspres melakukan konfirmasi pada Dede Tohidin mengenai keberadaan kopi Subang di Stand milik IPMKS pada acara Jabar Fest. Dede mengatakan, sebetulnya bukan IPMKS yang secara resmi meminta pada Rasyid untuk membawa kopi Subang dan menampilkan di Stand.

Tetapi itu merupakan inisiatif dari Dede yang melihat ada kekosongan dari stand milik IPMKS yang hanya diisi oleh produk khas Subang yakni Roti Nanas serta souvenir.

Namun karena ia mendengar bahwa Rasyid yang menjual Kopi Subang di Ngoembara akan ke Yogyakarta, akhirnya di terpikir untuk mengontak Rasyid agar membawa kopi Subang ke Yogyakarta untuk sekalian dikenalkan.

“Karenakan setiap komda itu diwajibkan untuk menampilkan entah itu kuliner, makanan atau proudk khas daerah,” ungkap Dede.

Meski begitu, Dede juga mengatakan bahwa IPMKS sendiri ingin mengenalkan salah satu produk khas dari Subang. Apalagi adanya Jabar Fest 2018 ini jadi momentum tepat untuk mengenalkan kopi Subang. (ygi/tra)