Beranda PURWAKARTA Kontes Ayam Pelung Cibuntu Cup Tembus Tingkat Jabar

Kontes Ayam Pelung Cibuntu Cup Tembus Tingkat Jabar

71
0

PURWAKARTA-Kontes Ayam Pelung kembali digelar di Lapangan Desa Cibuntu Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta, Minggu (13/05), diikuti puluhan peserta pemilik Ayam Pelung berasal dari beberapa Kabupaten, yakni Purwakarta, Subang, Karawang (Purwasuka) dan Bandung.

Suksesi Kontes Ayam Pelung Tingkat Jabar tersebut diprakarsai oleh Panitia Penyelenggara Pengurus DPD Himpunan Peternak dan Penggemar Ayam Pelung Nusantara (HIPPAPN) Kabupaten Purwakarta bekerjasama dengan Pemerintah Desa Cibuntu.

Ihwanudin, panitia penyelenggara Kontes Ayam Pelung yang juga menjabat Kades Cibuntu saat dimintai keterangan awak media, siang tadi, menuturkan bahwa pihaknya sengaja membuka kontes Ayam Pelung Cibuntu Cup guna mencari bibit atau induk Ayam Pelung yang berkualitas.
“Peminat dan penggemar ayam pelung di Kabupaten Purwakarta tahun ini terbilang cukup banyak. Terbukti hari ini ada 60 orang peserta yang mendaftar ikut Kontes menampilkan ayam pelung jagoannya masing-masing,”ujar Ihwanudin.

Selain itu, Kontes Ayam Pelung ini bertujuan untuk menarik minat warga masyarakat Purwakarta khususnya. Agar gemar memelihara ayam pelung yang saat ini kelestariannya hampir punah.
“Mudah-mudahan saja dengan dilaksanakannya ajang kontes ini akan menggugah kembali semangat dan kepedulian masyarakat minat memelihara ayam beternak dan terus mengembangkan bibit unggul ayam pelung. Sehingga, manfaatnya selain hobby, juga secara ekonomi akan menjadi peluang usaha menguntungkan bagi yang menekuni,” paparnya.

Lebih lanjut Ihwanudin menceritakan, kegemaran memelihara ayam pelung, karena diyakini bermanfaat membangunkan tidur lelap di malam hari kemudian beribadah malam.

Suara kokok ayam itu pun mengajak untuk bertafakur (Kongkur) dan mayoritas orang yang gemar memelihara ayam pelung tempo dulu, hampir seluruh langgar atau mushola memelihara ayam kokok untuk ini.
“Dulu kata orang tua, sebelum ada pengeras suara seperti hari ini, ayam pelung biasa digunakaan untuk membangunkan umat muslim untuk beribadah,” ujarnya.

Saat bersamaan Ketua DPD Himpunan Peternak dan Penggemar Ayam Pelung Nusantara (HIPPAPN) Kabupaten Purwakarta, Dani Hamdan Mubarok menerangkan, dalam Kontes Ayam Pelung ini prioritas utamanya adalah ajang silaturahmi antar penggemar ayam pelung yang ada di Jawa Barat.
Dani menambahkan, menghaturkan terima kasih kepada seluruh peserta pemilik Ayam Pelung yang telah ikut berpartisipasi dan memeriahkan Kontes Ayam Pelung tersebut.
“Kedepannya kita terus jalin koordinasi dan komunikasi agar Kontes Ayam Pelung bisa berkelanjutan dan Kabupaten Purwakarta akan menjadi ikon peminat dan penggemar ayam pelung kedua setelah Kabupaten Cianjur,”pungkasnya.(mas/din)