Beranda BANDUNG KNPI Luncurkan Program Unggulan

KNPI Luncurkan Program Unggulan

123
0
EKO SETIONO/PASUNDAN EKSPRES PROGRAM UNGGULAN: Ketua KNPI KBB Lili Supriatna memimpin rapat kerja bersama anggotanya, kemarin.

BANDUNG BARAT– Salah satu program unggulan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bandung Barat adalah akan membangun pemuda enterpreneur yang berkarakter. Hal tersebut disampaikan Ketua KNPI KBB Lili Supriatna.

Menurutnya, pada periode kepemimpinannya, sekitar 70 persen program kerjanya akan bergerak pada pemberdayaan ekonomi kreatif yang ada di wilayah KBB.
Pemuda, menurutnya harus kreatif, mampu menggali potensi disekelilingnya, karena saat ini perjuangan pemuda adalah salah satunya perjuangan bagaimana menumbukan kemajuan perekonomian.

“Saat ini sudah beberapa Ekonomi kreatif tengah dikembangkan atau membina pemuda enterpreneur diantaranya, pembinaan terhadap ekonomi kreatif wisata, olahan prodak dari jamur, potong bunga dan masih ada ekonomi kretif lain,” katanya.
Menurut Lili, pengembangan ekonomi kretif tersebut disesuaikan dengan potensi dan kultur wilayah.
Dengan slogannya, KNPI sebagai konseptor yang bergerak disegala sektor, menurut Ia, dengan banyaknya pengembangan program di sektor ekonomi merupakan langkah nyata yang harus didukung oleh semua stake holder.

“Kami buat program bukan hanya di atas meja, akan tetapi kami nyatakan dalam action, kebwradaaanya biar ‘karasa, karampa’ dan terasa oleh masyarakat,”bebernya.
Selain itu, Lili mengungkapkan, pemuda enterpreneur diharapkan mampu mengolah wilayahnya sesuai dengan potensinya. Sehingga kedepannya akan melahirkan pemuda – pemuda tangguh dalam berbagai bidang.

“Contoh, KBB wilayah pertanian kenapa tidak kita munculkan pemuda tani yang mampu menjadi enterpreneur,”terangnya.

Apalagi, lanjutnya, Republik Indonesia yang berusia ke 72 dan KBB ke 10 tahun, saatnya pemerintah memberikan peran terhadap pemuda sebagai generasi penerus.
“Diakui atau tidak yang medorong kemerdekaan adalah peran pemuda, kami mohon pada pemerintah daerah dan negara tolong dihargai dan di berikan perann pada pemuda yang punya potensi, karena masih banyak pemuda yang belum di berdayakan.”katanya.(eko/ded)