Beranda HEADLINE Kisah Inspiratif Fitria Amalia, Anak Tukang Ojek yang Lulus Masuk ITB

Kisah Inspiratif Fitria Amalia, Anak Tukang Ojek yang Lulus Masuk ITB

153
0

Langganan Juara Kelas, Bercita-cita jadi Dosen Sains

BERPRESTASI: Fitria Amalia bersama Kepala SMAN 1 Purwadadi, Zulkipli di sela-sela acara perpisahan.

Bisa mengenyam pendidikan ke jenjang perguruan tinggi tentu menjadi semua impian sebagian siswa. Apalagi di kampus yang notabene merupakan kampus favorite dan unggulan. Rasa bangga dan bahagia itulah yang kini dirasakan oleh Fitria Amalia.

YOGI MIFTAHUL FAHMI, Subang

Siswi lulusan SMAN 1 Purwadadi pada tahun 2018 ini lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pada Fakultas Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) Institut Teknologi Bandung (ITB).

Perempuan kelahiran Subang, 14 Agustus 2000, ini memang memiliki keinginan dan tekad yang kuat untuk melanjutkan kuliah dengan tujuan kampus ITB yang diimpikannya itu.
“Awalnya masuk ke ITB tuh pas masuk program beasiswa perintis yang diadain di Salman ITB,” terangnya pada Pasundan Ekspres, Sabtu (12/5) lalu.

Dari pengalaman tersebut dan kesukaanya pada dunia sains, membuatnya bercita-cita masuk ITB dengan tujuan program sains. Kebetulan dalam program beasiswa perintis Salman ITB tersebut dirinya masuk menjadi salah satu penerima beasiswa tersebut.

Pada Pasundan Ekspres, ia menceritakan kisah sehari-harinya hidup bersama keluarganya yang sederhana. Ayahnya adalah seorang tukang ojeg yang kini sedang dalam pemulihan setelah sakit. Sementara ibunya seorang penjual nasi untuk sarapan pagi.
“Ayah di rumah masih dalam pemulihan. Jadi sekarang yang bekerja cuma ibu yang berjualan untuk sarapan,” imbuh Fitria.

“Alhamdulillah, pas dikasih tau orang tua bangga, haru dan menangis. Kebetulan waktu itu dikasih taunya via telepon, karena saya lagi ada acara di Bandung. Dari situ, ibu bilang mau melakukan nadzar nya, kalau masuk, selama satu hari, bakal digratiskan. Satu hari itu gratiskan semua jualannya,” tambahnya.

Meski terlahir dari keluarga sederhana, anak dari pasangan Sutrisno dan Wangsih ini semasa di SMAN 1 Purwadadi, Fitri amalia juga tergolong siswi yang aktif. Tidak hanya berprestasi di bidang akademik, ia sendiri aktif di kegiatan OSIS. Bahkan sempat menjadi Ketua OSIS serta kerap kali menjadi wakil sekolah saat ada event lomba akademik/non akademik baik di tingkat kabupaten maupun skala provinsi.

“Alhamdulillah di kelas juara satu terus, kalau di luar, kadang suka mewakili sekolah seperti pendidikan tingat dasar di provinsi dan kegiatan lainnya,” ungkapnya.

Sementara itu, tidak hanya masuk ITB, Fitria juga kini mendapat penerima beasiswa bidikmisi yang berguna untuk menunjang keperluan perkuliahannya nanti. Kedepan, Fitria menargetkan ingin mencapai target mempertahankan prestasi melalui IPK yang bagus. Tidak hanya itu, dirinya juga berkeinginan untuk mengikuti konferensi di luar negeri. Sebab dirinya juga bercita-cita menjadi dosen di bidang sains.

“Pengen IPK-nya bagus, cumlaude, terus berprestasi. Ingin ikut juga konferensi-konferensi keilmuan di luar negeri nantinya,” tambahnya.

Ia memberikan tips bahwa dalam mencapai sebuah keinginan dan tujuan, diperlukan rasa kemamuan yang terus menerus untuk tidak menyerah dan senantiasan berjuang untuk mencapainya.
“Kalau ingin mengejar sesuatu kan tidak mudah, harus terus berusaha dan minta doa pada orang tua, intinyamah kita harus punya keyakinan untuk mencapainya,” terangnya.

Ia menuturkan, apa yang membuatnya memilih ITB sebagai tujuan perjalanan selanjutnya dalam melanjutkan pendidikan adalah karena rasa keyakinan yang tinggi dalam mencapai tujuan.
Di tempat yang sama, Kepala SMAN 1 Purwadadi Zulkipli S.Pd M.M.Pd merasa bangga sebanyak 18 orang peserta didiknya masuk peguruan tinggi negeri dari jalur SNMPTN. Dari jumah tersebut, salah satunya adalah Fitria yang masuk ke ITB.

“Sekolah juga memberikan reward dan penghargaan bagi yang siswa yang ingin melanjutkan kuliah. Saya ucapkan selamat dan semoga terus berprestasi dan mengharumkan nama sekolah,” bebernya di sela-sela acara pelepasan siswa/I Kelas XII SMAN 1 Purwadadi. (ygi/din)