Beranda EDUKASIA Kiprah SMA Negeri 6 Karawang Meluluskan Siswa Berprestasi

Kiprah SMA Negeri 6 Karawang Meluluskan Siswa Berprestasi

83
0

Utamakan Bidang Akademik, Kegiatan Ekstrakurikuler juga Penting

SMA Negeri 6 Karawang dalam beberapa tahun ini sudah melahirkan sejumlah lulusan terbaiknya. Tak hanya berprestasi dalam bidang akademik, namun juga non akademik.

USEP SAEPULLOH, Karawang

Bunyi angklung menggema mengalun memenuhi lapangan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 6 Karawang, Sabtu (6/1). Suaranya bersahutan, membentuk irama dan menjadi harmoni.

Di sela alunan itu, terdengar gelak tawa sejumlah remaja yang sedang memainkannya. Ternyata siswa SMAN 6 Karawang bukan hanya unggul di bidang akademik. Meski sekolah ini baru seumur jagung, namun memiliki siswa yang bertalenta di bidang non akademik, terutama ekstrakurikuler kesenian angklung.

Sekolah yang beberapa waktu lalu melaksanakan akreditasi ini, sudah sering mengirim utusan mewakili Kabupaten Karawang dalam bidang olahraga dan seni.

Kepala SMA Negeri 6 Karawang, Dedi Supriadi mengatakan, berprestasi dalam segala bidang itu penting. Beragam kegiatan ekstrakurikuler yang ada, selalu mengedepankan prestasi di bidang akademik bagi siswa.

Menurut Dedi, SMA Negeri 6 Karawang memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang luar biasa, tenaga pengajar yang rata-rata berusia muda menjadikan SMA Negeri 6 Karawang bisa lari cepat dalam meningkatkan prestasi akademik dan prestasi nonakademik.

Dia bercerita bahwa siswa-siswi SMAN 6 Karawang selama tahun 2017 sudah banyak menjadi utusan jenjang SMA dalam bermacam kegiatan seperti Ektrakurikuler Angklung yang menjadi icon sekolah dalam bidang seni. Bahkan belum lama ini melakukan roadshow di beberapa kantor kelurahan yang berkerjasama dengan BKKBN dan MPR RI.
“Untuk ekstrakurukuler paduan suara selalu dipakai oleh Koni Kabupaten Karawang dalam mengisi kegiatan yang dilaksanakan oleh Koni Kaputen maupun Koni Jabar,” ujarnya.

Di SMA Negeri 6, kata Dedi, ada siswa yang menjadi juara Asia untuk olahraga Yudo dan juara O2SN untuk olahraga Karate. “Dengan mengucap syukur, di tahun 2018 ini kita bisa mengirim utusan untuk mewakili SMA Kabupaten Karawang ke tingkat Nasional,” pungkasnya. (use/din)