Beranda BANDUNG Kinerja Pejabat Bakal Dievaluasi

Kinerja Pejabat Bakal Dievaluasi

53
0

Yayat Janji Isi Kekosongan Jabatan SKPD

NGAMPRAH – Sejumlah jabatan kosong di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat akan segera di definitifkan dalam waktu dekat. Hal itu diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat Yayat T Soemitra kepada Pasundan Ekspres di Ngamprah, Kamis (3/5).

Menurutnya, selain sejumlah jabatan kosong juga tiga jabatan yang saat ini masih dipegang oleh Pelaksana (Plt) di sejumlah dinas akan ditetapkan menjadi pejabat defenitif.

“Target kita bisa rampung pada akhir bulan ramadhan ini. Tentunya ini harus melalui mekanisme yang ada dengan memperankan baperjakat (Badan Pertimbangan Jabatan dan kepangkatan-red) dan pansel (panitia seleksi-red),” kata Yayat.

Selain penetapan jabatan defenitif, lanjut dia, juga akan melakukan evaluasi besar-besaran kepada seluruh pejabat mulai dari eselon II hingga IV. Hal itu dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kinerja yang sudah tercapai di masing-masing dinas.

“Tentu kami akan lakukan evaluasi secara menyuluruh agar kita ketahui capaian kinerja dari masing-masing dinas. Untuk prosesnya harus diajukan ke Kemendagri dulu. Tapi, kami punya waktu dalam 3 bulan ini untuk menetapkan menjadi pejabat defenitif,” terangnya.

Untuk itu, Yayat meminta kepada Plt BKPSDM untuk menginventarisasi sumberdaya manuisa (SDM) dan peta organisasi pemerintahan. Sebab saat ini selain ada pejabat yang rangkap jabatan dan Plt ada juga jabatan yang masih kosong.

“Kami perlu pendataan dulu sehingga kesongan jabatan bisa terisi. Sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan normal dan maksimal,” tandasnya.

Seperti diketahui, Saat ini jabatan yang dipegang oleh Plt yakni Kepala Dinas Perinduatrian dan Perdagangan (Disperindag), Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda). Lalu Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) dan Sekretariat DPRD (Sekwan). Untuk pejabat Plt Sekwan karena pejabat sebelumnya meninggal dunia.

Adapun Plt Sekda Aseng Junaedi menggantikan Sekda Maman S Sunjaya yang pensiun dini karena maju di Pilkada KBB, sedangkan Plt Bupati Yayat T. Soemitra menggantikan Bupati Abubakar yang ditangkap KPK. (sep/tra)