Beranda HEADLINE Keputusan KPU Purwakarta sudah Benar

Keputusan KPU Purwakarta sudah Benar

51
0
MALDIANSYAH/PASUNDAN EKSPRES TERANCAM GAGAL: Pendaftaran pasangan Rustandie – Dikdik Sukardi di kantor KPU Purwakarta, Rabu (10/1) malam lalu berakhir deadlock.

Sikap Baswaslu Terkait Kisruh Pendaftaran Rustandie – Dikdik Sukardi

PURWAKARTA-Ketua Badan Pengawas Pemilu Jawa Barat, Harminus Koto mengatakan, keputusan KPU Purwakarta yang menolak pendaftaran Rustandie – Dikdik Sukardi sudah benar. Menurut dia, KPU Purwakarta sudah berpijak pada aturan perundang-undangan saat mengambil keputusan tersebut. Hal ini dikatakan oleh Harminus saat dihubungi pada Jumat (12/1) melalui sambungan telepon.
“Langkah KPU Purwakarta sudah benar, itu sesuai dengan UU,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, Partai Hanura sudah mengeluarkan keputusan untuk mendukung pasangan Anne – Aming pada Pilkada Purwakarta tahun ini. Namun belakangan, muncul pasangan Rustandie – Dikdik Sukardi dengan membawa surat keputusan dari partai yang sama.

Bedanya, surat untuk Anne-Aming ditandangani oleh Ketua Umum dan Sekjend Hanura. Sementara, surat dukungan untuk Rustandie – Dikdik ditandatangani oleh Ketua Umum dan hanya Wakil Sekjend Hanura.
“Partai itu tidak bisa mengganti dukungan kalau sudah mendaftar. Jadi, SK sah itu SK yang pertama. Kalau tidak kita buat aturan, ya berbahaya. Kemarin daftar, besok berubah lagi, gak bisa dong. Kita harus taat aturan,” lanjutnya.

Karena itu, kata Harminus, partai politik tidak bisa mencabut dan menetapkan kembali dukungan pada pasangan lain jika sudah mendaftar. Meskipun pencabutan dan penetapan itu disampaikan melalui surat resmi.
“Gak bisa itu. Kalau sudah daftar, maka tidak bisa dicabut. Itu Undang-undang yang mengatakan, bukan saya,” tegasnya.
Harminus juga mengimbau kepada seluruh partai agar tertib dalam menyusun administrasi kepartaian secara internal maupun eksternal. Kata dia, Undang-undang harus menjadi pijakan utama dalam memutuskan sebuah kebijakan politik.
“Kalau gonta-ganti begitu kan bisa kacau balau. Makanya, saya imbau agar tertib administrasi, sesuai dengan aturan,” ungkapnya.

Secara institusi, dirinya pun siap menghadapi laporan atau gugatan dari para pihak yang merasa dirugikan.
“Silakan saja dilaporkan, ada ranahnya,” pungkasnya.(mas/din)