Beranda PURWAKARTA Kendaraan Berat Melintas, Jalan Rusak

Kendaraan Berat Melintas, Jalan Rusak

96
0

PURWAKARTA-Iring-iringan kendaraan berat pengangkut tabung silinder sepanjang sekitar 40 meter akhinya tiba di lokasi pabrik PT Platinum di Desa Kadumekar, Kecamatan Babakan Cikao, Kabupaten Purwakarta, Senin pagi (12/3). Kendaraan berat itu berhasil tiba di lokasi setelah melewati perjalanan panjang dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

Kendaraan besar itu sempat menjadi perhatian masyarakat. Selain karena ukurannya yang super jumbo juga menimbulkan kemacetan. Kendaraan itu mendapat pengawalan khusus.
Kepala Desa Kadu Mekar Lili Munandar yang dipercaya pihak perusahaan menerangkan, iring-iringan kendaraan panjang tiba di Desa Kadu Mekar setelah nyaris tergelincir karena jalan rusak. Saat kepala truk berbelok ke posisi 45 derajat bagian roda belakang tampak oleng.

Diterangkan Lili Munandar, kendaraan panjang berbentuk silinder itu sebenarnya merupakan alat steem (cetakan pemanas). Dikabarkan perusahaan tersebut akan memproduksi “hebel” (sejenis batako) warna putih. Kendaraan berat backhoe pun diturunkan untuk membantu mobil tersebut melintasi jalan rusak.
“Sebenarnya bangunan pabrik ini sudah lama berdiri sekitar lima tahun. Tapi baru kali ini difungsikan. Alat steem yang kini diangkut ke lokasi pabrik jumlahnya ada sembilan. Tiga unit sudah masuk dua hari lalu dan lancar,” terangnya.

Sementara itu kata dia, satu unit lagi sempat tergelincir di jalan Veteran saat kendaraan masuki tikungan Ciseureuh. Akibat lintasan kendaraan berat tersebut menimbulkan kerusakan jalan di ruas Desa Meracang hingga lokasi pabrik. Padahal jalan ini belum lama di-hotmix oleh Pemkab Purwakarta.

Terkait hal ini, Kades Kadu Mekar belum bisa merinci bagaimana tanggung jawab perusahaan dalam hal ini pemilik PT Platinum. Camat Babakan Cikao tak ada di kantornya saat akan dimintai keterangan.(dyt/man)