YUGO EROSPRI/PASUNDAN EKSPRES NAIK GAJI: DPRD Subang menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian nota pengantar raperda, kemarin (11/9).

SUBANG-Hingga kini nominal kenaikan tunjangan anggota DPRD Subang belum dipastikan. Mengenai besaran nominalnya masih dalam pembahasan.

Meski Perda yang mengatur tentang kenaikan tunjangan anggota DPRD sudah ada. Namun realisasinya tinggal menunggu Peraturan Bupati (Perbup). Dalam perbup tersebut dijelaskan besaran tunjangan yang diterima oleh anggota DPRD.
“Saat ini masih dalam pembahasan, pas-nya berapa itu belum,” kata Wakil Ketua DPRD Subang, Hendra Purnawan, usai rapat paripurna, kemarin (11/9).

Politisi Golkar itu mengatakan, salah satu tunjangan DPRD sebelumnya yakni berupa kendaraan dinas. Dengan adanya kenaikan tunjangan tersebut, kemungkinan mobil dinas akan ditarik. Kecuali kendaraan dinas untuk pimpinan DPRD akan tetap ada.

Mengenai besarannya, kata Hendra, DPRD tidak mengusulkan besaran kenaikan tunjangannya. Hanya tinggal disesuaikan saja dengan kemampuan APBD.
“Kita serahkan saja nanti ke eksekutif, sesuai dengan kemampuan APBD,” ujarnya.
Saat ini rata-rata penghasilan anggota DPRD Subang Rp16 juta per bulan, terdapat gaji dan tunjangan. Kenaikan tunjangan DPRD ini diharapkan mampu memotivasi para wakil rakyat di Kabupaten Subang untuk bekerja lebih giat lagi. Sebelumnya, sejumlah anggota DPRD mengusulkan besaran kenaikan gaji dan tunjangan di angka Rp32 juta. (ysp/din)