Beranda EDUKASIA Kemenag Subang Tangkal Paham Radikalisme

Kemenag Subang Tangkal Paham Radikalisme

77
0

SUBANG-Kantor Kementerian Agama (Kemanag) Subang berupaya untuk mengantisipasi tumbuhnya radikalisme di tengah-tengah masyarakat. Paham tersebut sangat berbahaya karena berupaya untuk mengubah sistem atau tatanan yang telah ada di masyarakat saat ini.

Kasi Penyelenggara Syariah Kantor Kementerian Agama (Kemanag) Subang, H Munir Huda S.Ag.,M.Si mengatakan, paham radikalisme yang sampai pada tindakan kekerasan tidak diajarkan dalam agama apapun.
“Sebenarnya tidak satupun agama yang mengajarkan kekerasan. Bahwa implementasi tindakan-tindakan radikalisme itu ada di luar ajaran keagamaan,” ungkap H Munir kepada Pasundan Ekspres, Jumat (18/5).

Dia mengatakan, perlu dikaji lebih dalam apakah motif tindakan radikalisme tersebut karena ketidakpuasan terhadap pemerintahan. Pasalnya pemerintah telah berupaya memberikan hak-hak kepada warga negara. Salah satu kebebasan beragama.
“Jika dikatakan ada ketidakpuasan terhadap kebijakan pemerintah, perlu dikaji dulu ketidakpuasan yang mana apa. Kalau ketidakpuasan dalam beragama, sebenarnya sudah diatur misalnya ada FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) itu sudah tuntas,” jelasnya.

Dia menuturkan, untuk mencegah paham radikalisme tumbuh pihak Kemenag selalu memberikan penyuluhan dalam berbagai kegiatan keagamaan.

Dalam kesempatan yang sama, pegawai seksi Penyelenggara Syariah Kemenag Subang, Casmin, S.Th.I mengatakan, secara umum yang dikatakan sebagai paham radikalisme yaitu ingin mengubah tatanan yang telah ada di masyarakat sesuai dengan paham yang dianutnya.
“Mereka ingin mengubah tatanan yang telah mapan ada di masyarakat berdasarkan pahamnya,” ujarnya.(ysp/din)