VERRY KUSWANDI/PASUNDAN EKSPRES TENGOK LANGSUNG. Ketua IPPAT Sohibudin, Arlina Syahria, Ketua INI Subang Dian Wardianto dan Asep Subrata ketika menyambangi kediaman Aditya Naufal di Flamboyan.

Demi Bantu Balita Penderita Hydrocephalus

Kepedulian warga Flamboyan Kelurahan Karanganyar, Subang, patut diacungi jempol. Dengan susah payah mereka melakukan penggalangan dana untuk membantu Aditya Naufal, balita yang divonis menderita penyakit hydrocephalus.

VERRY KUSWANDI, Subang

Bulan ini, Aditya Naufal genap berusia 18 bulan. Namun diusianya yang masih balita, putra pertama pasangan Asep Ramdan (24) dan Ratih Nurhayati (20) ini sudah dinyatakan menderita penyakit hydrocephalus. Akibatnya, pertumbungan fisiknya tak sebaik balita seusianya.
“Ini (Aditya Naufal) sudah sejak lahir (hydrocephalus) kepalanya membesar,” kata Ratih dengan raut muka sedih ditemui di kediamannya Ditemui di rumahnya di RW 25 Flamboyan Kelurahan Karanganyar, Subang, kemarin.

Ratih mengaku selama ini mengalami kesulitan dana untuk membiayai pengobatan anak semata wayangnya. Suaminya selama ini hanya bekerja serabutan, sehingga tidak punya pekerjaan tetap. Pada tahun 2016 lalu, sempat berobat ke Puskesmas dan RS Ciereng dan Dirujuk ke RS Hasan Sadikin Bandung. Namun proses pengobatan sempat terhenti karena persoalan anggaran.
“Kami tidak punya biaya untuk berobat ke Bandung, jadi terpaksa tidak dilakukan,” katanya.
Awalnya, kata Ratih, pihak keluarga tidak mau memberitahu kondisi anaknya. Namun sejak dua bulan lalu, ketua RT 90 Tito Rusita mengetahuinya. Sontak RT pun melaporkan kepada pengurus RW 25.

Ketua RW 25 Falmboyan, H Paimin pun langsung mengundang empat ketua RT yang ada di lingkungannya untuk berembuk. Sejak saat itu terbentukkah pantia penggalangan dana. Hal tersebut rupanya direspon baik oleh warga setempat. Bahkan hampir semua warga RW 25 menyumbang dana untuk membantu penanganan medis Aditya.

Tak hanya itu, Ratih pun dibuatkan rekening Bank BCA berjangka agar bisa menerima sumbangan langsung dari para dermawan. Selain itu pngurus pun membantu membuatkan kartu BPJS Kesehatan untuk Aditya Naufal.
“Keadaan ekonomi pasien lah yang membuat kami memberanikan diri mengajukan permohonan bantuan tersebut,” kata H Paimin, kemarin.

Bukan hanya warga, respon pun datang dari Ikatan Notaris Indonesia (INI) Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) Kabupaten Subang. Bahkan Ketua IPPAT Kabupaten Subang Sohibudin, SH, Arlina Syahria, SH.M.Kn, Ketua INI Subang Dian Wardianto, SH dan Asep Subrata, SH turun langsung ke kediaman Aditya Naufal. “Alhamdulillah Aditya ada yang membantu. Kami selaku pengurus mengucapkan terima kasih kepada para dermawan, juga dari INI dan IPPAT yang sudah membantu Aditya sampai turun langsung ke rumah pasien,” katanya.

Meski bantuannya tidak seberapa, H Paimin menuturkan, akan sangat membantu meringankan bagi mereka yang benar membutuhkan, Aditya. Paimin berharap, masih ada donatur lainnya yang bersedia membantu pengobatan untuk Aditya. Kondisi saat ini, Aditya sudah empat kali berobat ke RSHS Bandung dan menjalani pengukuran diameter kepalanya. “Mudah-mudahan ada donatur lagi yang bersedia membantu. Kami pun menyarankan untuk langsung transfer ke Bank BCA Cabang Subang dengan nomor rekening 055-1212-059 atas nama Ratih Nurhayati ibu dari Aditya Naufal,” harapnya.(adv/vry/din)