Beranda KARAWANG Keberadaan PJU Dinilai Belum Merata

Keberadaan PJU Dinilai Belum Merata

68
0

KARAWANG-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Karawang, menilai saat ini penerangan jalan umum (PJU) belum merata ke semua wilayah yang ada di Karawang. Oleh sebab itu, kedepan eksekutif diminta membuat rencana induk penerangan jalan umum agar ada pemerataan untuk semua wilayah.

Ketua Pansus Raperda Penerangan Jalan Umum, DPRD Karawang, Elivia Khrissiana mengatakan, saat ini pihaknya sedang membahas tentang raperda penerangan jalan umum (PJU). Sebab saat ini perawatan, pemasangan, PJU yang mati belum terkontrol, sementara setiap tahunnya kurang lebih Rp 240 miliar digelontorkan untuk pembayaran PJU.

“Saat ini PJU belum merata ke semua wilayah, sementara anggaran besar tapi baru berpusat di wilayah perkotaan saja,” ujar Elivia, Jumat (25/5)

Oleh sebab itu, lanjutnya, diperlukan rencana induk PJU (Ripju) dan menyiapkan regulasinya agar kedepan PJU bisa dipetakan sehingga lebih proporsional. “Kedepan juga PJU akan dirubah dari abodemen menjadi sistem KWH meter agar bisa dikontrol ketika ada lampu yang padam,” katanya.

Selain itu, kata Elivia, bentuk tiang PJU akan dibuat ada muatan lokalnya seperti daerah-daerah lainnya. Namun memiliki nuansa Kabupaten Karawang, sehingga tidak hanya memiliki fungsi penerangan tapi harus memiliki nuansa seni. “Dengan adanya Ripju diharapkan terjadi pemerataan pemasangan PJU di Karawang,” katanya.

Sementara itu, Kabid Pertamanan dan PJU, DPRKP Karawang, Novi Gunawan mengatakan, setelah ada regulasinya kedepan penerangan jalan umum (PJU) dari lampu high pressure sodium (konvensional) bisa menjadi lampu LED (light emitting diode). Sebab lampu LED lebih hemat, tahan lama, anti karat dan ramah lingkungan.

Menurutnya, jenis lampu konvensional sangatlah menguras daya listrik, berbeda dengan lampu LED yang lebih hemat energi. Dimana daya yang digunakan pun berubah dari sebelumnya 250 watt menjadi hanya 90 watt. Dan rencana penggantian lampu untuk PJU, selain dalam upaya menggalakan hemat listrik, juga akan menambah kesan keindahan suasana di jalan-jalan yang diteranginya. (use/tra)